Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Lingkungan Kerja dengan PortableApps

Dalam perograman kita bisa saja memilih platform tertentu sebagai lingkungan kerja dasar, misal: python dengan pyenv atau ruby dengan rbenv, dimana perangkat dan pritilan-nya ini benar-benar dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari kita. Di linux kita bisa menggunakan /home/kita sebagai lingkungan kerja dengan beberapa pengaturan mengenai $PATH. Namun apakah kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan ini dengan Windows? Tenang ada portableapps.

Penerapan lingkungan kerja mungkin akan mengorbankan kenyamanan untuk memperoleh faktor keamanan yang cukup terjaga. Seringkali ditemukan batasan-batasan keamanan yang menjadi kunci sehingga dibutuhkan adanya platform di luar sistem operasi untuk mengelola lingkungan kerja yang cukup nyaman.

Lingkungan Kerja yang Aman

Salah satu hal yang menjadi catatan Windows adalah faktor keamanan. Sebagai pemilik sistem operasi dengan pengguna terbanyak, maka merupakan hal mutlak bila Windows menjadi target papan utama serangan. Kelambanan dalam menutup serangan dan metode penutupan keamanan juga merupakan catatan tersendiri.

Untuk menjaga keamanan seringkali banyak pintu yang dikunci oleh system administrator yang menjaga agar pengguna tidak dapat mengakses dan melakukan upaya yang bisa mengancam keamanan sistem secara keseluruhan. Salah satu upayanya adalah membatasi perangkat lunak yang terpasang pada perangkat yang dipakai pengguna.

Lingkungan Kerja yang Nyaman

Batasan keamanan yang optimal bisa memberikan efek negatif berupa kekangan pada tingkat kenyamanan pengguna. Salah satu contoh saja, dengan upaya pembatasan perangkat lunak yang terpasang, maka pengguna tidak memiliki hak langsung dalam menentukan perangkat yang bisa digunakan. Sekali terpasang, untuk melakukan upgrade misal adanya rilis baru untuk menutup lubang keamanan atau tambahan fitur pun tidak bisa serta merta dilakukan.

Bisa saja system administrator melakukan pendataan pada setiap aplikasi yang digunakan oleh pengguna masing-masing komputer sehingga dapat dilakukan pemantauan. Namun tentu saja pemantauan ini membutuhkan sumber daya lebih terutama bila komputer yang dipantau tidak sebanding dengan jumlah system administrator yang menjaga. Pengguna bisa nyaman tapi system administrator kerepotan dalam menjaga.

PortableApps

PortableApps sebenarnya adalah platform perangkat lunak yang dikembangkan untuk mengorganisasikan perangkat lunak lain dalam mode portable atau bergerak, yaitu dipasang pada usb flashdisk. Perangkat ini memudahkan terutama bila dulu ketika pergi ke warnet kita tidak perlu membongkar pasang perangkat lunak ketika berselancar. Ya, saya emang old.

Kategori: /usr/local/bin

Tag:

Leave a Reply