Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Darktracer, Data Pemerintah Bocor dan Gerakan Open Source

Bila menilik ke belakang peringatan mengenai perang digital sudah didengungkan dan saya sempat mengikuti acara komunitas honeynet. Perang fisik dan kelihatan mungkin seringkali memilukan dengan aktivitas apalagi dengan serangan fisik yang baru di Ukraina. Namun perang digital tidak serta merta disadari utamanya para pengguna awam.

Conti is ransomware that has been observed since 2020. All versions of Microsoft Windows are known to be affected.

The gang behind Conti has operated a site from which it can leak documents copied by the ransomware since 2020. The same gang has operated the Ryuk ransomware. The group is known as Wizard Spider and is based in Saint Petersburg, Russia.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Conti_(ransomware)

Di atas memang saya kutip dari Wikipedia, yang merupakan laman informasi salah satu perangkat lunak “pengintip”. Dengan semua hal terhubung dengan internet, informasi dapat dengan mudah dan cepat dikumpulkan. Apalagi terlihat dari hasil informasi yang dilaporkan adalah instansi pemerintah seluruh dunia. Dan yang jelas target sistem adalah perangkat lunak yang kebanyakan dipakai.

Sistem yang terkenal dan banyak digunakan tidak menjamin 100% aman. Banyak hal yamg bisa mempengaruhi, mulai dari kesalahan design sampai dengan kesalahan penerapan. Maka beberapa orang menyerukan gerakan perangkat lunak merdeka (free software) dan open source untuk meminimalisir kesalahan dengan adanya kolaborasi dan keterbukaan.

Tidak akan banyak yang bisa saya tulis di blog pribadi ini. Hanya memperingatkan bahwa sekarang ini serangan bukan saja dari segi server layanan saja. Karena dengan adanya 2 (dua) tahun pandemi yang mempercepat digitalisasi semua layanan memberikan efek yang lain, yaitu serangan dengan memanfaatkan kelemahan dari pengguna: ketidaktahuan dan pengabaian. 

Kategori: /null

Tag:

Leave a Reply