Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Alokasi Frekuensi RAPI

Dari berkas IKRAP, alokasi frekuensi untuk RAPI adalah gelombang frekuensi 2 (dua) meter pada frekuensi 142,000 MHz sampai dengan 143,600 MHz serta gelombang frekuensi 11 (sebelas) meter pada frekuensi 26,960 sampai dengan 27,410 MHz. Alokasi ini berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 17 Tahun 2018, tertanggal 31 Desember 2018, tentang Kegiatan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk.

2 m Band

Pada gelombang frekuensi 2 (dua) meter, frekuensi terbagi atas 75 kanal frekuensi dengan jarak 20 kHz antar kanal yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Pembagian kanal tersebut terbagi lagi atas tujuan penggunaannya, yaitu 4 (empat) kanal untuk stasiun pancar ulang, 45 (empat puluh lima) kanal mode simplex, 1 (satu) kanal untuk pusat panggilan nasional, 24 (dua puluh empat) kanal untuk keperluan organisasi, dan 1 (satu) kanal pusat dukung komunikasi.

Dari pembagian di atas, 2 (dua) kanal khusus, yaitu kanal 143,500 MHz sebagai kanal frekuensi Pusat Dukung Komunikasi dan kanal 143,000 MHz sebagai kanal frekuensi Pusat Panggilan Nasional.

Daya maksimum keluaran pemancar yang diatur adalah 25 (dua puluh lima) watt, dikecualikan untuk perangkat pancar ulang yaitu 50 (lima puluh) watt. Mode yang digunakan adalah FM dengan emisi 16K0F3E dan lebar pita 16 kHz.

11 m Band

Pada gelombang frekuensi 11 (sebelas) meter, frekuensi terbagi atas 40 kanal frekuensi dengan jarak 10 kHz antar kanal yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Pembagian kanal tersebut terbagi atas 4 (empat) bagian besar yaitu 1 (satu) kanal untuk pusat panggilan nasional, 1 (satu) kanal untuk pusat dukung komunikasi, 10 (sepuluh) kanal untuk dukungan organisasi, dan 28 (dua puluh delapan) mode simplex.

Dari pembagian tersebut, kanal 9 (sembilan) atau 27,065 MHz digunakan untuk Frekuensi Pusat Dukung Komunikasi. Sedangkan kanal 10 (sepuluh) atau 27,075 MHz digunakan untuk Frekuensi Pusat Panggilan Nasional.

Daya maksimum keluaran pemancar yang diatur adalah 12 (dua belas) watt. Mode yang digunakan adalah USB (Upper Side Band) dengan emisi 2K70J3E dengan lebar pita 2,7 kHz.

Penggunaan Kanal

Dengan adanya aturan mengenai penggunaan kanal ini pada dasarnya adalah menggugah pengguna radio komunikasi atas terbatasnya sumber daya berupa kanal gelombang frekuensi. Perangkat bisa didapat dimana saja dari yang termurah sampai dengan termahal semampu kita, namun komunikasi merupakan hal yang sangat diperlukan sebagai sarana berbagi dan bersilaturahmi. Bila komunikasi terganggu, akan terjadi bias dan salah pemahaman.

Semoga sebagai pengguna radio komunikasi semua pihak terkait paham akan penggunaan kanal frekuensi ini.

Kategori: /ham-radio

Tag: ,

Leave a Reply