Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Perangkat ‘Work from Home’

Sudah 4 (empat) minggu ini saya ‘dirumahkan’ dan wajib untuk melaporkan pekerjaan melalui perangkat yang terhubung daring. Berbagai kendala muncul ketika yang dulunya semua dapat secara luring dibicarakan di kantor dan semua dokumen dapat diakses dari media yang dibagi di jaringan intranet, tidak dapat diraih serta merta.

Pengalaman bekerja dalam komunitas open source mungkin bisa saya bagi di sini. Mungkin bisa dijadikan referensi untuk membangun infrastruktur yang siap untuk masuk ke industri 4.

Rapat

Beberapa perangkat yang bisa dipakai dalam rapat sebenarnya adalah perangkat komunikasi yang normal digunakan saat ini, bisa berbasis teks, suara dan gambar/video.

Telegram

Ini adalah perangkat yang bisa digunakan sebagai saluran komunikasi utamanya teks dan suara. Anda bisa membuat grup yang bisa berbentuk privat dan saling berkomunikasi di sana. Namun untuk suara hanya dapat saling berkomunikasi dengan 1 orang saja.

WhatsApp

Sama dengan telegram perangkat ini bisa digunakan berkomunikasi dalam kelompok utamanya dengan teks. Selain itu Whatsapp memiliki kelebihan yaitu dapat pula menggunakan fitur panggilan suara dan video. Namun untuk melakukan panggilan hanya dapat dalam kelompok maksimal 4 orang.

Zoom

Mungkin ini adalah platform yang paling hits saat ini. Penghasilan perusahaan ini langsung melejit. Platform ini menyediakan fitur konferensi basis video yang bisa memfasilitasi rapat, pembelajaran bahkan seminar.

Jitsi

Platform ini adalah platform alternatif konferensi basis video selain Zoom. Platform disediakan secara gratis dan telah ada aplikasi berbasis Androidnya. Selain menggunakan aplikasi, platform ini dapat juga diakses dan dijalankan langsung dari Web Browser sehingga lebih mudah diakses dari sisi klien.

Teamspeak

Platform ini merupakan platform gratis yang dapat menjadi alternatif bila hanya panggilan suara yang dibutuhkan. Platform ini sangat terkenal dikalangan gamer untuk mabar dan breakers sebagai pengganti jalur komunikasi radio konvensional.

Media Kolaborasi

Selain rapat media kolaborasi sangat membantu pelaksanaan pekerjaan.

Google Docs

Tidak ada yang tidak menggunakan akun Google saat ini. Google sendiri telah membuat platform yang memungkinkan Anda menyimpan data, yaitu Google Drive, dimana di dalamnya Anda bisa membuat dokumen. Anda bisa mengubahnya sewaktu-waktu baik dengan aplikasi maupun Web Browser dan bahkan bisa melakukan perubahan bersama-sama.

Media Wiki

Ada yang teak kenal wiki? Wiki yang dipopulerkan oleah wikipedia adalah sebuah platform kolaborasi yang menyediakan rujukan artikel. Platform ini dapat digunakan sebagai media dokumentasi bagi apapun dalam bentuk artikel.

WordPress

Sebagai platform yang terkenal mewadahi blog, WordPress dapat digunakan sebagai sarana dalam kolaborasi utamanya dalam membuat laporan harian. Dengan menuliskan pekerjaan harian, setiap proses kegiatan masih bisa dimonitor.

Wekan

Anda mengenal kanban? Atau lebih kenal trello? Wekan merupakan media alternatif bagi trello yang merupakan penerapan platform pengembangan berbasis metode kanban. Dengan platform ini proses pekerjaan dapat lebih agile.

Lalu?

Sementara yang masih dapat saya eksplorasi adalah media rapat dan kolaborasi. Platform yang saya gunakan sendiri adalah Jitsi dan Teamspeak untuk rapat dan Wekan untuk pengawasan proses kegiatan.

Ketiga platform tersebut berjalan di atas Docker. Deployment, tes sampai dengan produksi dapat dilakukan kurang dari sehari. Lumayan untuk pengguna sampai dengan 10 orang meskipun dengan mesin VPS RAM 2GB.

Kategori: /artikel

Tag: , , , , ,

Leave a Reply