Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

IKRAP JZ 09 BED

Kemarin saya iseng untuk masuk ke SDPPI dan registrasi melalui situs web dari Kemenkominfo. Semua berjalan secara daring dan berjalan tanpa kendala untuk permohonan IKRAP.

Setelah mengisi formulir permohonan IKRAP dengan menyertakan photo diri dan scan KTP berupa berkas gambar (jpg/png), wajib membayar SPP untuk 5 (lima) tahun yaitu Rp 150.000 (5 x Rp 30.000). Dengan membayar melalui Mandiri Internet/Mobile, tagihan tersebut terkonfirmasi terbayar secara daring.

Satu hal yang tidak saya sangka adalah langsung munculnya call sign setelah pembayaran itu. Yang menjadi pe-er adalah kewajiban pendaftaran ke RAPI dalam 30 hari. Sedangkan saya sudah monitor satu bulan ini frekuensi 142.900 MHz tidak menemukan kegiatan.

Kategori: /ham-radio

Tag: , , ,

3 Responses

  1. […] mendapatkan IKRAP, selanjutnya pemilik ijin diwajibkan mendaftar kepada komunitas dalam jangka waktu paling lama 30 […]

  2. kimo says:

    Jika tidak mendaftar ke pengurus RAPI apakah Callsign akan hangus om?

    • yht says:

      Ada peringatan berikut di laman IAR-IKRAP SDPPI setelah login.

      Sesuai Peraturan Menteri KOMINFO No. 17 Tahun 2018 Pasal 79 bahwa Setiap Penggiat KRAP wajib menjadi anggota RAPI, paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak IKRAP diterbitkan, dan Pasal 83 bahwa Direktur Jenderal mencabut izin apabila melanggar ketentuan Pasal 79 setelah diberikan peringatan tertulis sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut dengan tenggang waktu peringatan masing-masing 15 (lima belas) hari.