Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Data Science: Hewan Apa?

Akhir-akhir ini sering sekali saya mendengar hype terminologi yang tergolong baru, data science. Hanya mencari tahu tanpa perlu masuk lebih dalam dan meninggalkan dunia infrastruktur, saya sepertinya perlu untuk membuat catatan yang bisa saya jadikan pengingat suatu saat nanti.

Terminologi: Data Science

Dari DataQuest, berikut terminologi yang mereka simpulkan.

Given the rapid expansion of the field, the definition of data science can be hard to nail down. Basically, it’s the discipline of using data and advanced statistics to make predictions. Data science is also focused on creating understanding among messy and disparate data. The “what” a scientist is tackling will differ greatly by employer.

Terdapat beberapa kata yang bisa saya garis bawahi, yaitu data, statistika, prediksi, pemahaman data, dan sesuai bidang pekerjaan. Jadi lebih kurang pekerjaan data scientist adalah pembuatan model (matematika) prediksi dan pemahaman data untuk menunjang pekerjaan menggunakan metode statistika.

Matematika dan Statistika

Pemahaman mengenai matematika utamanya penggunaan model dan statistika merupakan awal. Matematika adalah konsep abstrak yang dituangkan dalam model matematika. Sedangkan statistika adalah penalaran dan kesimpulan mengenai kejadian nyata menggunakan model matematika.

Dalam pembelajaran, matematika dan stastistika memiliki jurusan sendiri di universitas. Meskipun apa yang dipelajari beririsan dalam hal pengembangan model matematika dalam bahasa simbol dan logika. Namun ada satu hal yang perlu digarisbawahi adalah penggunaan data sebagai topik dalam statistika.

Pemahaman Data dan Prediksi/Ramalan

Melalui konsep matematika dan statistika didapatkan logika mengenai data yang sedang diteliti. Sehingga bila terdapat kecenderungan atau informasi yang ditemukan dalam data yang diteliti dapat disimpulkan pendekatan penalarannya. Dari kesimpulan tersebut dapat diambil pilihan langkah terbaik dalam pengambilan keputusan.

Dalam pengembangan model matematika selain pengambilan kesimpulan juga terdapat konsep model prediksi atau ramalan. Dengan adanya data yang telah terkumpul, penerapan konsep dapat dilakukan untuk memprediksi kemungkinan yang terjadi berdasar data. Prediksi yang muncul juga dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Bidang Pekerjaan

Penerapan data science ini tidak terkunci pada satu bidang pekerjaan, karena pada dasarnya adalah terminologi konsep atau metode pembelajaran berdasarkan data yang menjadi bidang riset atau pekerjaan. Karena pada tataran konsep atau metode, tawaran utama dari data science sendiri adalah sebuah kerangka kerja (framework) pembelajaran terhadap data dalam bidang pekerjaan atau riset. Sehingga penerapan data science tidak terkunci pada bidang tertentu saja namun pendekatan yang dilakukan dalam pembelajaran dapat dilakukan pada semua bidang.

Kesimpulan Saya

Data science yang sedang hype adalah sebuah terminologi terhadap sebuah kerangka kerja pembelajaran. Seperti halnya manusia belajar dari apa yang dihadapi setiap hari dalam pekerjaan dan di luar pekerjaan, informasi yang terkumpul dari setiap moment adalah data yang akan digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan di masa yang akan datang.

Tidak ada yang baru. Namun harus ada konsep yang disepakati dan diterapkan bersama untuk mengukur keberhasilan dan keberlanjutan setiap bidang pekerjaan.

Kategori: /artikel

Tag: , ,

Leave a Reply