Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Instalasi Oracle Instant Client Win64

Setelah hampir 10 tahun yang lalu tidak berhubungan dengan instalasi yang berhubungan dengan Oracle, saya akhirnya berhubungan lagi dengannya.

Instalasi

Cukup dengan Oracle Instant Client 12.1.0.2 dan konfigurasi seperti pada posting yang 10 tahun lalu semua selesai. Hanya menyesuaikan dengan environment Windows. Beruntung saya menulis konfigurasi di blog ini.

Konfigurasi

Dua hal yang wajib di set adalah ORACLE_HOME dan PATH. Pengubahan dapat melalui System Properties > Advanced > Environment Variables.

Pertama, pada System Variables tambahkan Variable ORACLE_HOME dengan value folder dimana Oracle Instant Client di-extract. Misal saya extract di C:\Tools\Instantclient_12_1.

Kedua, tambah value PATH, tambahkan folder yang sama sebagai tambahan. Posisi tidak berpengaruh, kecuali Anda memiliki berkas yang sama akan dipanggil pada folder yang awal disebutkan. Pisahkan antar folder dengan tanda ;.

TNSNAMES.ORA

Selain konfigurasi di atas, bila Anda ingin koneksi tersimpan dalam mesin, silakan buat folder network\admin pada folder dimana Instant Client ter-extract. Buatlah berkas tnsnames.ora yang berisi nama basis data yang akan terkoneksi dan deskripsinya.

Selamat bekerja.

Kategori: /usr/local/bin

Tag: , , ,

Leave a Reply