Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Bekraf, Sebuah Catatan

Tiga hari, Jum’at s.d Minggu, saya berada di lingkungan JIExpo, Kemayoran. 2 (dua) hari pertama, saya menjadi SPB BlankOn, dan hari terakhir saya mencoba mengenalkan produk-produk industri kreatif kepada anak-anak saya dengan mengantar mereka.

Catatan ini tidak akan memuat tentang Bekraf atau BlankOn, karena pastilah lembaga sebesar Bekraf dan Tim Pengembang BlankOn memiliki bagian kehumasan yang akan mengemas rilis berita yang lebih menarik. Tulisan ini lebih kepada catatan saya sendiri mengenai banyak hal yang sudah saya rencanakan namun belum bisa terlaksana sampai saat ini.

Jadi, ini tulisan apa? Selengkapnya… »

Pemaketan Debian, #BlankOn @ Freenode 9 Juni 2016

Hanya sekedar melakukan update agar ada produksi tulisan.

Pada tanggal 9 Juni 2016 ada kelas pemaketan debian oleh pak Mahyudin di #blankon chat.freenode.net. Silakan cek irclog di sini.

Saya sendiri tidak mengikutinya karena ketiduran satu dan lain hal. Namun dengan melalui irclog dapat mengikutinya. Dan hasilnya bisa dilihat di http://tempel.blankon.in/2115322.

Mari kita tunggu kiprah Pak Mahyudin berikutnya. Saya sendiri menunggu penjelasan bagaimana otomasi irgsh bekerja.

3 Bulan Menghindari Server

Adalah bulan ke-tiga saya berpindah tugas ketika saya menyadari sangat sulit untuk berpindah dari dunia komputer terutama mesin layanan (server). 3 (tiga) bulan lebih di posisi baru membuat hati saya kembali rindu untuk mencolek-colek mesin dalam rak dalam ruangan yang dingin. Kerinduan ini sempat terobati sementara ketika harus menyambangi mesin komunitas yang mengalami kerusakan di IDC Duren Tiga.

Sampai dengan kurang lebih  3 (tiga) bulan yang lalu saya memiliki jabatan yang bisa dianggap penting di kantor yang menerapkan administrasi berbasis komputer, dalam SK disebut Operator Console. Tugas yang saya terima sejak tahun 2007, yang mengharuskan saya terbiasa dengan suhu dingin dan pulang lebih larut. Selengkapnya… »

Apakah BlankOn Ringan?

Saya membuat artikel ini bukan untuk membuat antipati pengguna yang ingin berpindah atau mencoba, namun ini adalah intisari yang saya dapat dari pengalaman me-‘racun’-i orang menggunakan BlankOn.

Suatu sore yg cerah ada 2 orang berbincang ( E = e.. ini dia orangnya; S = saya ) :
E : Mas ada installer linux?
S : Ada, BlankOn.
E : Wah, aku bingung kalo pake Bahasa Indonesia, ada Bahasa Inggris-nya nggak.
S : Bisa. (setengah syok, kenapa ni anak gak ngajak ngobrol Bahasa Inggris aja sekalian kalo bingung)
E : Ya, udah.. Boleh dech.. Selengkapnya… »

[Undang-Undang] Poin Penting UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers

Perkembangan komunikasi semakin pesat. Salah satu penyaluran informasi yang saya lakukan adalah melalui blog ini. Sepertinya selain kantor berita dan organisasi pers yang ada, blog bisa dikenakan dalam peraturan perundang-undangan pers dikarenakan memiliki unsur pers. Oleh sebab itu tidak ada salahnya saya mencoba untuk membaca dan mencatat mengenai poin penting dalam peraturan ini, kan?

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.” – Pasal 1 ayat (1)

Fungsi pers diatur dalam pasal 3 peraturan ini, yaitu :
(1) Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Disamping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.
Selengkapnya… »

Upgrade Keilmuan dengan Pendidikan dan Pelatihan

Lama tidak beraktivitas didunia pendidikan membuat saya kangen akan rasa diajari dan mengajari, saling berbagi pengetahuan. Akhirnya kesempatan itu datang lagi pada minggu ini.

Selama 5 (lima) hari kemarin saya dengan mengurangi aktivitas daring dengan tujuan mengoptimalkan daya tangkap saya akan materi belajar yang diberikan widyaiswara dan pengajar. Eh, yang saya kerjakan ini resmi dari instansi tempat saya bekerja lho, jadi tidak menyalahi aturan. Saya mengikuti diklat Administrasi Jaringan Komputer dengan menggunakan Sistem Operasi GNU/Linux.

Sebenarnya yang saya dapat di sana tidak jauh dari apa yang biasa saya kerjakan di dunia daring maupun luring. Di sana saya belajar Sistem Operasi GNU/Linux, instalasi jaringan, dan administrasi layanan jaringan (dhcp/dns/web/proxy). Eh, udah biasa kog masih diikuti?
Selengkapnya… »

Catatan Rapat Pengembangan Universitas Virtual Terbuka #1

Pengembangan sebuah aplikasi memerlukan sinergi dari para personelnya, oleh karena itu diwajibkan untuk sering bertukar pendapat atau rapat. Berikut catatan rapat yang bisa dikumpulkan sampai dengan saat ini.

Pemilihan Media Belajar
Manajemen Situs dan Materi Kuliah

Bila Anda ingin bergabung untuk sekedar saran atau memonitor silakan bergabung dengan kami di #uvt @ irc.freenode.net.

Mari berbagi…

Arsip