Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Membuat Docker Registry Lokal

Ada tantangan baru dari Mr Tony untuk membangun infrastruktur di jaringan intranet kantor dengan menggunakan docker. Dan ternyata tanpa saya sadari saya menyanggupinya.

Dan akhirnya malam ini saya membaca-baca dokumen ini. Ntah apa yang akan terjadi besok terjadilah.

Mengapa saya harus membangun registry lokal? Karena akses yang sangat dibatasi karena sebenar-benarnya saya bukan administrator jaringan dan bila mendapatkan akses pun saya sangat meragukan kecepatan yang akan saya dapatkan.

Infrastruktur yang saya bangun bisa jadi apa saja dengan docker. Tanpa saya sadari saya meyakininya.

Ntahlah ini update tentang apa.

Manfaat Penggunaan Perangkat Lunak Legal

Saya memiliki citra seorang yang memiliki kelebihan dalam hal pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi di instansi saya. Bahkan posisi yang saya tempati saat ini merupakan rekomendasi beberapa orang yang menangkap citra tersebut pada saya.

Hal tersebut tidak saya pungkiri. Saya memang memiliki perhatian lebih pada teknologi informasi dan komunikasi namun tidak pada semua unsur pendukungnya. Banyak hal yang tidak saya ketahui secara sengaja, terutama bila menyangkut masalah legalitas.

Sering kali saya jumpai Selengkapnya… »

3 Bulan Menghindari Server

Adalah bulan ke-tiga saya berpindah tugas ketika saya menyadari sangat sulit untuk berpindah dari dunia komputer terutama mesin layanan (server). 3 (tiga) bulan lebih di posisi baru membuat hati saya kembali rindu untuk mencolek-colek mesin dalam rak dalam ruangan yang dingin. Kerinduan ini sempat terobati sementara ketika harus menyambangi mesin komunitas yang mengalami kerusakan di IDC Duren Tiga.

Sampai dengan kurang lebih  3 (tiga) bulan yang lalu saya memiliki jabatan yang bisa dianggap penting di kantor yang menerapkan administrasi berbasis komputer, dalam SK disebut Operator Console. Tugas yang saya terima sejak tahun 2007, yang mengharuskan saya terbiasa dengan suhu dingin dan pulang lebih larut. Selengkapnya… »

Apakah BlankOn Ringan?

Saya membuat artikel ini bukan untuk membuat antipati pengguna yang ingin berpindah atau mencoba, namun ini adalah intisari yang saya dapat dari pengalaman me-‘racun’-i orang menggunakan BlankOn.

Suatu sore yg cerah ada 2 orang berbincang ( E = e.. ini dia orangnya; S = saya ) :
E : Mas ada installer linux?
S : Ada, BlankOn.
E : Wah, aku bingung kalo pake Bahasa Indonesia, ada Bahasa Inggris-nya nggak.
S : Bisa. (setengah syok, kenapa ni anak gak ngajak ngobrol Bahasa Inggris aja sekalian kalo bingung)
E : Ya, udah.. Boleh dech.. Selengkapnya… »

Korban Beruntun

Berdiam, seringkali aku lakukan saat orang-orang disekitarku mengingatkan kembali luka terhadap instansi dimana aku bekerja.

Posisiku yang baru membuat aku berada pada posisi aman dimana tidak langsung berhubungan dengan para penanggung beban anggaran negeri ini. Posisi lamaku bisa dibilang juga aman, namun tetap saja terkadang ada godaan-godaan dari mereka yang ingin di-‘spesial’-kan atau merasa diri ‘spesial’.

Sebenarnya semua aman sampai dengan tadi siang saat aku mendengar nama orang yang sebenarnya akupun tak mengenalnya itu terungkap dari saudara jauhku. Mau tidak mau aku menerima dengan hati yang sakit. Sebenarnya ungkapan itu muncul dalam suasana penuh canda, namun tetap saja membuat hatiku merasa sakit.
Selengkapnya… »

Arti Diam dalam Berkomunikasi

Kemarin saya mendapatkan pelajaran berkomunikasi dari seseorang di kantor saya mengenai pentingnya konfirmasi.

Diam, tanpa konfirmasi, itu bukan berarti setuju dengan sesuatu hal melainkan bisa berarti sebaliknya. Anda harus jeli melihat segala aspek mengenai sang lawan komunikasi terutama sifat-sifat dan pola pikir.

Jadi, kenalilah semua orang disekeliling Anda agar komunikasi Anda lancar dengan sesama.

Pendidikan IT Tandingan Berbasis FOSS

Dari pemikiran saya dari segi bisnis setelah saya baca ulang memang terkesan egoistis. Mengingat pada awal artikel saya membahas mengenai pentingnya membangun pola pikir siswa sejak masa pendidikan formal tapi akhirnya saya seperti memihak proprietary. 😀

Mungkin dunia kerja saya mendidik saya menjadi seperti itu. Tapi, ya sudahlah.. Toh kita harus tetap maju untuk ikut membangun bangsa ini, bukan?

Mengingat pesan Pak Made yg merujuk Kak Seto : “Kelebihan free software / open source adalah pengembangan fantasi sebebas-bebasnya. Cara terbaik untuk menumbuhkan kreatifitas, fitur yang tak ternilai dan tak ada di dunia pengembangan perangkat lunak lain.” saya memiliki ide dengan mengajak siapa saja yang memiliki kepedulian dalam Pendidikan Indonesia untuk mulai bergerak dengan membuat modul pendidikan tandingan. Untuk itu saya membutuhkan salinan modul milik kemendiknas sebagai acuan referensi, atau paling tidak bab yang dibahas.

Dan terakhir, saya berencana untuk mengumpulkannya menjadi satu paket instalasi bersama dengan aplikasi dalam sebuah CD instalasi. Rencana saya akan membuat turunan BlankonLinux (bila diijinkan masuk digabung layaknya edubuntu) dan/atau Slackware Linux.

*terpikir-setelah-ngobrol-dengan-seorang-bapak-yang-takut-anaknya-bermental-pembajak*

Arsip