Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Repository BlankOn, Pembenahan

Agak tersentil di beberapa tempat. Mungkin sekedar membuat report.

Bila ingin membantu pembenahan silakan gunakan cara ini. Dan balas thread ini bila Anda pengembang juga, atau mantan pengembang yang masih nyanggong di dalam milis. Atau gunakan thread ini bila Anda adalah pengguna.

Itu saja. Jangan cuman koar-koar.

Oracle RAC

Dalam komputasi basis data, Oracle Real Application Clusters (RAC), selanjutnya disebut Oracle RAC, adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh Oracle sejak tahun 2001 dalam Oracle9i. Oracle RAC menyediakan fitur clustering dan high availability dalam lingkungan basis data Oracle.

Oracle RAC memungkinkan banyak komputer untuk menjalankan perangkat lunak RDBMS Oracle secara berbarengan mengakses satu basis data yang menciptakan clustering. Dimana dalam konfigurasi non-RAC basis data hanya dijalankan dalam satu mesin dan semua berkas data, berkas konfigurasi beserta catatan berada dalam disk dalam komputer tersebut.

Dalam lingkungan RAC, beberapa komputer (dimana dalam masing-masing terdapat Oracle RDBMS) mengakses secara bersamaan satu basis data. Hal ini memungkinkan aplikasi dan atau pengguna basis data meskipun terhubung dengan salah satunya dapat mengakses keseluruhan data yang sama bila terhubung ke yang lain.

Silakan baca-baca di :
Dokumentasi Oracle RAC 11g (11.1)
Halaman resmi Oracle RAC

Intinya, RAC adalah implementasi dari konsep Cluster Computing dalam RDBMS Oracle. Silakan baca wikipedia mengenai Cluster Computing untuk keterangan lebih lanjut.

NB : Posting ini tidak menjelaskan apapun, hanya sekedar catatan agar sewaktu-waktu ada yang sadar. Semoga ada yang tersadar.

Manfaat Penggunaan Perangkat Lunak Legal

Saya memiliki citra seorang yang memiliki kelebihan dalam hal pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi di instansi saya. Bahkan posisi yang saya tempati saat ini merupakan rekomendasi beberapa orang yang menangkap citra tersebut pada saya.

Hal tersebut tidak saya pungkiri. Saya memang memiliki perhatian lebih pada teknologi informasi dan komunikasi namun tidak pada semua unsur pendukungnya. Banyak hal yang tidak saya ketahui secara sengaja, terutama bila menyangkut masalah legalitas.

Sering kali saya jumpai Selengkapnya… »

3 Bulan Menghindari Server

Adalah bulan ke-tiga saya berpindah tugas ketika saya menyadari sangat sulit untuk berpindah dari dunia komputer terutama mesin layanan (server). 3 (tiga) bulan lebih di posisi baru membuat hati saya kembali rindu untuk mencolek-colek mesin dalam rak dalam ruangan yang dingin. Kerinduan ini sempat terobati sementara ketika harus menyambangi mesin komunitas yang mengalami kerusakan di IDC Duren Tiga.

Sampai dengan kurang lebih  3 (tiga) bulan yang lalu saya memiliki jabatan yang bisa dianggap penting di kantor yang menerapkan administrasi berbasis komputer, dalam SK disebut Operator Console. Tugas yang saya terima sejak tahun 2007, yang mengharuskan saya terbiasa dengan suhu dingin dan pulang lebih larut. Selengkapnya… »

Apakah BlankOn Ringan?

Saya membuat artikel ini bukan untuk membuat antipati pengguna yang ingin berpindah atau mencoba, namun ini adalah intisari yang saya dapat dari pengalaman me-‘racun’-i orang menggunakan BlankOn.

Suatu sore yg cerah ada 2 orang berbincang ( E = e.. ini dia orangnya; S = saya ) :
E : Mas ada installer linux?
S : Ada, BlankOn.
E : Wah, aku bingung kalo pake Bahasa Indonesia, ada Bahasa Inggris-nya nggak.
S : Bisa. (setengah syok, kenapa ni anak gak ngajak ngobrol Bahasa Inggris aja sekalian kalo bingung)
E : Ya, udah.. Boleh dech.. Selengkapnya… »

Korban Beruntun

Berdiam, seringkali aku lakukan saat orang-orang disekitarku mengingatkan kembali luka terhadap instansi dimana aku bekerja.

Posisiku yang baru membuat aku berada pada posisi aman dimana tidak langsung berhubungan dengan para penanggung beban anggaran negeri ini. Posisi lamaku bisa dibilang juga aman, namun tetap saja terkadang ada godaan-godaan dari mereka yang ingin di-‘spesial’-kan atau merasa diri ‘spesial’.

Sebenarnya semua aman sampai dengan tadi siang saat aku mendengar nama orang yang sebenarnya akupun tak mengenalnya itu terungkap dari saudara jauhku. Mau tidak mau aku menerima dengan hati yang sakit. Sebenarnya ungkapan itu muncul dalam suasana penuh canda, namun tetap saja membuat hatiku merasa sakit.
Selengkapnya… »

Tekanan vs Tantangan

Sepertinya kondisiku hampir mencapai puncak demotivasi dan mendekati depresi. Tidak ada yang bisa membuatku duduk di sini selain kewajiban. Kenikmatan dalam bekerja seakan sirna.

Bila aku harus memilih, mungkin aku akan mengikuti kata hatiku untuk menerima tantangan egoku. Tidak ada yang lebih disukai seorang yang menyukai tantangan selain menerima tantangan dan menjalaninya dengan sungguh, bukan?

Aku bukannya ingin melarikan diri dari semua tekanan ini. Tapi sepertinya lebih baik aku keluar dari sini agar orang lain tidak ketergantungan terhadapku. Apakah semua ini tidak ada yang bisa mengerjakan selain aku?

Sebaiknya aku menutup pintu dan segera bekerja.

Arsip