Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Kippo : Honeypots Test #1

Riset sabtu ini saya mencoba mempelajari cara kerja sebuah honeypots untuk mencari lebah (atau bahkan beruang madu) yang mencoba untuk mencari sejilat madu.

Aplikasi yang saya coba kali ini adalah kippo. Aplikasi yang dibuat untuk mengemulasikan sebuah sesi ssh yang didesain untuk mencatat setiap interaksi yang dilakukan sang lebah demi sejilat madu.

Riset kali ini saya masih menggunakan BlankOn 8.0 (rote). Dan sesuai kebutuhan minimal saya harus memasang python-twisted agar bisa menjalankan aplikasi ini. Jalankan `apt-get install python-twisted` bila belum terpasang.

Setelah mengunduh kippo versi 0.8 dan mengekstraknya akan ada daftar folder dan berkas berikut :
Selengkapnya… »

Manfaat Penggunaan Perangkat Lunak Legal

Saya memiliki citra seorang yang memiliki kelebihan dalam hal pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi di instansi saya. Bahkan posisi yang saya tempati saat ini merupakan rekomendasi beberapa orang yang menangkap citra tersebut pada saya.

Hal tersebut tidak saya pungkiri. Saya memang memiliki perhatian lebih pada teknologi informasi dan komunikasi namun tidak pada semua unsur pendukungnya. Banyak hal yang tidak saya ketahui secara sengaja, terutama bila menyangkut masalah legalitas.

Sering kali saya jumpai Selengkapnya… »

Apakah BlankOn Ringan?

Saya membuat artikel ini bukan untuk membuat antipati pengguna yang ingin berpindah atau mencoba, namun ini adalah intisari yang saya dapat dari pengalaman me-‘racun’-i orang menggunakan BlankOn.

Suatu sore yg cerah ada 2 orang berbincang ( E = e.. ini dia orangnya; S = saya ) :
E : Mas ada installer linux?
S : Ada, BlankOn.
E : Wah, aku bingung kalo pake Bahasa Indonesia, ada Bahasa Inggris-nya nggak.
S : Bisa. (setengah syok, kenapa ni anak gak ngajak ngobrol Bahasa Inggris aja sekalian kalo bingung)
E : Ya, udah.. Boleh dech.. Selengkapnya… »

[Undang-Undang] Poin Penting UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers

Perkembangan komunikasi semakin pesat. Salah satu penyaluran informasi yang saya lakukan adalah melalui blog ini. Sepertinya selain kantor berita dan organisasi pers yang ada, blog bisa dikenakan dalam peraturan perundang-undangan pers dikarenakan memiliki unsur pers. Oleh sebab itu tidak ada salahnya saya mencoba untuk membaca dan mencatat mengenai poin penting dalam peraturan ini, kan?

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.” – Pasal 1 ayat (1)

Fungsi pers diatur dalam pasal 3 peraturan ini, yaitu :
(1) Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Disamping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.
Selengkapnya… »

Membuat Cermin Lumbung Paket Distribusi Basis Debian dengan Reprepro

Membuat lumbung paket sendiri memang sangat saya butuhkan sebagai penikmat distribusi Linux. Sehingga saya sempat mencari tahu dan menulis mengenai membuat lumbung paket BlankOn/Ubuntu/Debian dengan menggunakan Debmirror. Namun pada perkembangan kebutuhan dan pendalaman mengenai pengembangan BlankOn saya membutuhkan bukan hanya sebuah alat yang mengunduh paket yang termutakhir namun juga membuat lumbung paket bagi distribusi baru dari basis yang sudah ada.

Aplikasi yang kini saya pakai adalah Reprepro, sesuai langkah yang dijadikan rujukan oleh pengembang BlankOn mengenai cara membuat cermin. Bila mungkin yang ada di tautan tersebut masih menggunakan rilis ombilin, berikut isi konfigurasi milik saya yang mengunduh paket rilis pattimura dan paket pengembangan (rote).
Selengkapnya… »

Arsip