Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Selamat Datang Linux 5.0

Pada 6 Januari 2019 pukul 17:08:20 waktu UTC-8, Linus Torvalds melakukan commit sebagai tanda mengawali pengembangan Linux 5.0, yaitu Linux 5.0-rc1. Hal ini ditandai dengan perubahan pada Makefile.

Silakan mencoba dengan mengunduh berkas tar.gz-nya di sini.

Informasi ini diambil dari informasi commit pengembangan kernel linux milik Linus.

Membuat Banyak Pengguna di Linux

Berawal dari keribetan membuat banyak pengguna sekaligus di mesin yang akan digunakan sebagai media berbagi ilmu. Dalam membuat image dari docker yang akan digunakan sebagai RStudio server dibutuhkan penambahan pengguna pada mesin containernya sesuai jumlah murid.

Membaca ke sana kemari akhirnya saya menemukan kode yang cocok untuk diterapkan di mesin itu. Sebagai contoh di sini akan ditambahkan 10 pengguna.

for i in user{01..10}
do
useradd -d /home/$i -m $i
echo “$i:$i” | chpasswd
done

Sekian catatan kedua tahun ini.

Bermain dengan GCompris

Sudah lama anak-anak bermain GCompris namun menggunakan versi yang disediakan oleh pengembang Debian dari rilis stretch. Beberapa kali mendapat bug mengenai pembacaan berkas database sqlite aplikasi namun saya biarkan saja dan dengan sabar menunggu perbaikan dari pengembang Debian. Namun hari ini adalah akhir dari kesabaran itu.

Berawal dari beberapa kali dalam sehari saja, maka saya nekat melakukan clone aplikasi GCompris dari github dan membangun sendiri binary. Saat ini semua berjalan lancar, entah masih ada kesalahan lagi atau tidak. Tapi sampai sore ini tidak ada komplen dari anak-anak.

Sekian saja update untuk hari pertama di tahun ini.

Arsip