Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Orange3 Tidak Mendukung MariaDB/MySQL

Berkutat dengan penggalian data (data mining) membuat saya harus berkenalan dengan perangkat orange3 dari biolab. Perangkat yang menawarkan: “Data Mining Fruitful and Fun” dan “Open source machine learning and data visualization for novice and expert. Interactive data analysis workflows with a large toolbox.” namun tak seindah yang saya harapkan.

Sebagai pengelola data yang terbiasa dengan perangkat basis data MySQL dan turunannya MariaDB, saya mengharapkan perangkat yang mampu mengambil data langsung dari basis data yang saya kelola. Mengurangi pekerjaan dan memperpanjang waktu luang saya, tentunya. Dan ternyata saya tidak sendiri.

Bila hanya soal koneksi, tentunya yang harus diteliti adalah konektor atau penghubungnya. Dan di sinilah masalah utama muncul.

Setelah ditelusuri, Orange3 memang hanya menyediakan koneksi ke postgres dan mssql. Konektor yang mereka sebut dengan back-end ini disediakan sumber datanya melalui kode oleh pengembang. Menggunakan python bukan perl atau R, bahasa yang lebih familier buat saya.

Mungkin memang harus membaca lebih banyak dan implementasi bahasa lain.

BlankOn Tambora ke Debian Stretch

Mungkin ada yg sudah melihat status saya di IG.

Mesin saya, 32 bit, yang sejak pertama kali masuk sebagai pengembang dan saya gunakan sebagai uji pemutakhiran melalui `apt-get update; apt-get dist-upgrade; apt-get upgrade` semalam sudah berganti ke Debian Stretch.

Perjalanan panjang sejak Pattimura hingga Tambora.

Mungkin ini tanda.

Mungkinkah arsitektur ini akan menjadi mesin-mesin tua yang tak lagi dihargai?

Bekraf Habibie Festival 2018, Catatan Kecil Kunjungan

Bekraf-2018

Bekraf 2018

Beberapa catatan saya mengenai Bekraf Habibie Festival 2018.

Ikon pesawat yang tak kan terganti. Sebagai gerakan bersama membangun cita, membuat pesawat dengan dukungan komunitas.

Tahun ini saya hanya berkunjung di ujung acara untuk melihat para pemuda harapan bangsa yang menyempatkan waktu berjaga. Ya, mereka yang rajin mempromosikan BlankOn dan Ridon.

Tahun ini saya rasa tak se-wah tahun kemarin. Mengingat hanya 1 (satu) hall saja yang digunakan untuk pameran. Penggunaan ini dilakukan karena tahun ini kegiatan pameran tidak terpusat di Jakarta namun juga di beberapa kota lain.

Semoga kegiatan semacam ini semakin berkembang dan bisa membuat para pemain industri kreatif lebih dikenal.

Arsip