Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

BlankOn: Cek Bolong, Unduh!

Dalam beberapa minggu terakhir ditemukan adanya masalah dalam gudang paket (repository) BlankOn. Untuk sementara digunakan milik pengembang pensiunan di repo.ridon.id. Namun setelah diteliti, ternyata gudang paket tersebut masih memiliki banyak kekurangan, sehingga dibutuhkan tindakan lebih lanjut.

Yang perlu dijadikan catatan adalah permasalahan ini tidak hanya terjadi pada BlankOn X Tambora, namun juga versi sebelumnya. Karena panjang cerita bila dilakukan penanganan secara keseluruhan, perlu dilakukan pembatasan dalam penanganan masalah ini, yaitu rilis yang merupakan turunan dari debian, yaitu rote, suroboyo dan tambora.

Untuk penanganan masalah ini saya membuat peralatan yang bisa dipelajari di github saya. Peralatan ini dijalankan pada mesin dimana gudang paket berada.

Dalam proyek itu, untuk sementara, proses yang ada adalah mengunduh berkas-berkas yang ada dalam arsip debian paket-paket yang terdaftar dalam rilis dan arsitektur yang disebutkan dalam argumen. Cara penggunaannya adalah:

$ . cek-binary.sh [dists] [section] [arch]

Jadi, bila kita menginginkan pembenahan paket-paket tambora/main arsitektur amd64 perintahnya adalah . cek-binary.sh tambora main amd64.

Saat ini masih dipelajari penggunaan metode lain, karena ternyata terdapat paket-paket yang telah disingkirkan dari arsip debian.

Kategori: /usr/local/bin

Tag: , , , , , ,

Leave a Reply