Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Chip Pico8 Riviu

Akhir bulan lalu datang barang pesanan saya yang sejak 4 bulan lalu saya pesan yang sempat mengalami kesalahan teknis. Pesanan tersebut berupa 2 mesin yang masing-masing seharga 9 dolar, mesin termurah yang pernah saya beli. Berikut penampakan barangnya.

Chip Pico8 9 Dolar

Berikut tuangan layar dari salah satu mesin yang telah beroperasi.

Chip Pico9 with MariaDB

Desain dan Bentuk Perangkat

Perangkat ini adalah perangkat kedua terkecil yang saya punya setelah Arduino Nano. Bentuk kompak dan mungilnya cukup menarik hati saya sejak awal selain harganya.

Selain itu mesin ini di desain sebagai sebuah kumputer siap pakai. Tidak perlu perangkat tambahan lain untuk melakukan komputasi selain catu daya.

Setup

Cara konfigurasi mesin ini lebih mudah dari mesin yang telah saya punya sebelumnya, RaspberryPi dan BananaPi, karena tidak memerlukan adanya tambahan perangkat. Dan dengan dukungan headless-mode saya tidak memerlukan perangkat aneh-aneh untuk membuatnya berfungsi, cukup dengan minicom /dev/ttyACM?, dimana ? merupakan nomor yang muncul ketika terdeteksi oleh mesin.

Untuk pengguna Windows bisa menggunakan cara dari Dexter Industries.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan perangkat ini sudah saya sebutkan diatas, yaitu: bentuk kompak, harga murah, siap pakai dan kemudahan setup. Sedangkan kekurangannya adalah prosesor tunggal, dan media penyimpanan yang minim.

Tapi apa yang bisa dituntut dari komputer seharga 9 dolar?

Mari mengoprek. Biar komputernya kerja.

Kategori: /berjejaring

Tag: , , , , , , ,

Leave a Reply