Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Docker: Hapus Image dan Container tak Terpakai

Karena makin ‘seru’-nya bermain dengan docker, tak terasa banyak image dan container yang terbentuk di mesin lokal. Dan karena perubahan pada tag-ing dalam perubahan versi image, banyak image dan container lama yang sudah tidak terpakai masih ‘nongkrong’.

‘Nongkrong’-nya image dan container lama tersebut tidak berpengaruh apa-apa pada mesin lokal saya, atau belum. Namun sedikit mengganggu saat ingin melihat semua container yang berjalan (`docker ps -a`) atau melihat image di mesin lokal (`docker images`). Dan hal ini akan sangat saya butuhkan bila mesin lokal saya kehabisan space.

Menghapus Container tak Terpakai

Pada bagian pertama ini kita akan menghapus container tak terpakai, dimana status dari container adalah exited. Untuk mencari container yang status=exit kita gunakan perintah :

docker ps –filter=status=exited -q

Perintah di atas kan menampilkan CONTAINER ID dari container yang status-nya exit atau dengan kata lain tidak terpakai. Data CONTAINER ID tersebut yang kita gunakan sebagai inputan dari perintah menghapus container / `docker rm`. Perintah menghapus ini dalam 1 (satu) baris menjadi sebagai berikut.

docker rm $(docker ps –filter=status=exited -q)

Menghapus Image tak Terpakai

Pada bagian kedua ini kita akan menghapus image tak terpakai, dimana status dari repository atau tag adalah <none>. Untuk mencari image dengan kriteria tersebut kita gunakan perintah :

docker images | grep “^

Perintah di atas kan menampilkan data semua kolom image yang tidak terpakai. Dalam menghapus image dibutuhkan IMAGE ID atau kolom ke-3 (tiga). Dengan ini kita akan menggunakan awk. Perintah yang dijalankan menjadi :

docker images | grep “^” | awk ‘{print $3}’

Setelah memastikan data keluaran perintah tersebut benar maka kita buat perintah menghapus ini dalam 1 (satu) baris menjadi sebagai berikut.

docker rmi $(docker images | grep “” | awk ‘{print $3}’)

Kategori: /tips-n-trick

Tag: , , , ,

Leave a Reply