Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Proyek KEREN! KEmandiRian ENergi.

Terinspirasi dari komentar Pak Utian, apa salahnya jika saya meneruskannya menjadi sebuah proyek pribadi di rumah.

Beberapa hari kemarin saya memesan sebuah panel surya beserta kontroler pengisi daya tenaga surya dari Opari@Tokopedia. Hari Sabtu kemarin paket tersebut datang, dan komentar Pak Utian di atas, ada pada status saya mengenai kedatangan barang tersebut. Proyek ini mungkin tidak akan sesegera mungkin dilaksanakan, tapi dengan kedatangan paket ini proyek percobaan mengenai kemandirian energi ini bisa saya mulai.

Apa yang sebenarnya mendasari saya memesan paket tersebut?

Perusahaan plat merah yang menggawangi pasok energi ke rumah terkadang tanpa pemberitahuan terputus karena disengaja maupun tak sengaja karena kerusakan. Untuk menghubungi untuk sekedar menanyakan permasalahan putusnya pasokan tersebut harus menggunakan telepon. Sedangkan telepon di rumah sudah diubah menggunakan indihome 2P yang mengharuskan adanya pasokan daya ke modem yang sekaligus klien VOIP dari sistem telephone. Tentunya tidak bisa menggunakan perangkat telephone tersebut bila pasokan daya tidak ada.

Paket ini rencananya akan saya rakit untuk memenuhi kebutuhan itu, sekaligus untuk penerangan, pengganti lampu pasokan daya biasa di beberapa titik penting.

Ini masih percobaan

Saya harap ada yang bisa berbagi pengalaman implementasi yang telah dilakukan. Baik dalam proyek atau pekerjaan maupun dalam penerapan sebagai pasokan daya pengganti di rumah.

Rencana lain

Selain sebagai pengganti sepeti yang telah saya ceritakan di atas. Ada beberapa pemikiran mengenai penerapan dalam proyek saya yang sudah ada ini. Mengingat infrastruktur yang ada sebagian besar adalah perangkat rendah daya, bisa saja pasokan tenaga yang diperlukan untuk menjalankan sebagian mesinnya nantinya akan dialihkan.

Dengan adanya kemandirian energi ini, proyek tersebut bisa ditempatkan di remote area yang terpisah.

Kesimpulan

Sebenarnya tidak perlu ada bagian ini. Karena belum ada kesimpulan yang bisa diambil.

Selamat bersenang-senang dengan kemandirian energi! Anda KEREN!

Kategori: /berjejaring

Tag: , , , , ,

Leave a Reply