Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Beraktifitas, Berkomunitas dan Berorganisasi

Saya bukan ingin membuat semakin panas, karena pada dasarnya saya tidak paham apa inti permasalahannya. Hanya melihat ada keramaian akibat pak agus yang posting di blognya dan komentar dari postingan om blek di akun facebook-nya.

Saya hanya melihat ini adalah permasalahan dari sisi komunikasi. Tidak adanya pemberitahuan dan kesimpangsiuran informasi serta tidak adanya hubungan langsung dengan pengambil keputusan.

Kita makhluk sosial, kita harus beraktifitas, berkomunitas dan berorganisasi.

Mengenai sebuah kebijakan yang diambil, seringkali sudut pandang seseorang akan berbeda dengan yang lain. Namun bila itu sudah menjadi keputusan bersama, kebijakan harus dihormati dan dilaksanakan sebagai komitmen bersama.

Pasti ada pertimbangan dibalik sebuah keputusan, dan pasti ada yang tidak puas akan keputusan. Dan ini adalah masalah komunikasi. Apakah semua pertimbangan itu bisa tersampaikan dengan baik ke semua pihak? Dan, apakah ketidakpuasan itu tersampaikan dengan baik ke pengambil keputusan?

Saya beberapa kali mengalami masalah komunikasi. Dan di situ saya belajar untuk berkomunikasi secara langsung yang baik. Ya, saya sangat menghindari komunikasi tak langsung dengan teks maupun suara yang seringkali masih menyisakan permasalahan tersendiri.

Respek atau rasa hormat orang lain itu bisa dibangun dengan cara berkomunikasi. Dan saya sendiri masih harus banyak belajar untuk membangunnya.

Sebenarnya ini hanya uneg-uneg saya saja. Dan sekedar catatan bagi saya untuk berhati-hati membuat pernyataan publik. Sebelum saya ditanya ulang golongan dan jabatan lagi. 😉

Kategori: /berjejaring

Tag: , , ,

Leave a Reply