Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Oracle RAC

Dalam komputasi basis data, Oracle Real Application Clusters (RAC), selanjutnya disebut Oracle RAC, adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh Oracle sejak tahun 2001 dalam Oracle9i. Oracle RAC menyediakan fitur clustering dan high availability dalam lingkungan basis data Oracle.

Oracle RAC memungkinkan banyak komputer untuk menjalankan perangkat lunak RDBMS Oracle secara berbarengan mengakses satu basis data yang menciptakan clustering. Dimana dalam konfigurasi non-RAC basis data hanya dijalankan dalam satu mesin dan semua berkas data, berkas konfigurasi beserta catatan berada dalam disk dalam komputer tersebut.

Dalam lingkungan RAC, beberapa komputer (dimana dalam masing-masing terdapat Oracle RDBMS) mengakses secara bersamaan satu basis data. Hal ini memungkinkan aplikasi dan atau pengguna basis data meskipun terhubung dengan salah satunya dapat mengakses keseluruhan data yang sama bila terhubung ke yang lain.

Silakan baca-baca di :
Dokumentasi Oracle RAC 11g (11.1)
Halaman resmi Oracle RAC

Intinya, RAC adalah implementasi dari konsep Cluster Computing dalam RDBMS Oracle. Silakan baca wikipedia mengenai Cluster Computing untuk keterangan lebih lanjut.

NB : Posting ini tidak menjelaskan apapun, hanya sekedar catatan agar sewaktu-waktu ada yang sadar. Semoga ada yang tersadar.

Kategori: /oracle

Tag: , , ,

Leave a Reply