Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Kebutuhan RAM Manokwari

Kembali ke Blankon, edisi curhat.

Saya adalah pengguna Blankon dengan mesin jadul. Mesin terbaru yang saya pakai berkekuatan centrino duo, itu pun inventaris kantor, mesin dengan RAM 2GB, sistem operasi Blankon 9 (suroboyo).

Seringkali saat awal load lightdm atau pun setelah login dan load manokwari, mesin mengalami freeze, dan saya harus melakukan memulai ulang mesin atau membunuh tugas manokwari melalui antar muka teks dengan [ctrl]+[alt]+[f1]. Kejadian ini tak pernah saya alami di Blankon 8 (rote) di mesin pribadi saya. Kejadian telah lama berlangsung, semenjak instalasi tentunya, mungkin pengembang tidak menyadari karena, tentu saja, mesin mereka lebih baik dari kepunyaan saya.

Namun kemarin sore saya menyadari permasalahannya.

Beberapa bulan yang lalu mesin jadul saya mati tak tertolong dan mewariskan komponen yang hampir tak bisa digunakan di mesin lain. Bangkainya masih saya simpan di kolong meja kerja di rumah. Mesin yang lain masih hidup dan saya gunakan sehari-hari untuk bekerja dan iseng, namun dengan kondisi memprihatinkan karena tak pernah saya bersihkan. Panasnya berlebih bila digunakan, oleh karena itu saya jarang memakainya dan lebih sering menggunakan mesin kantor.

Mesin yang masih hidup itu kemarin saya bongkar untuk membersihkan kipas dan jalan anginnya. Foto bisa dilihat di sini dan di sini. Mesin kembali berjalan mulus dan tidak panas berlebih.

Waktu sisa kemarin dengan iseng yang belum tersalurkan, saya gunakan untuk mengecek mesin kantor dan terlihat slot RAM yang masih kosong 1 (satu). Dan saya teringat masih memiliki 1 GB, yang setelah saya lihat sesuai dengan yang terpasang. Dan Anda tahu? Setelah saya pasang, masalah freeze tidak saya alami sampai hari ini.

Sore ini, saya kembali teringat mesin yang tak tertolong milik saya dan mengecek RAM yang sudah tak dipakai. RAM 1 GB yang sudah saya pasang itu memang sebelumnya milik mesin yang rusak dan saya upgrade ke batas maksimum menjadi 2GB. Dan akhirnya mesin milik kantor ini pun menggunakan RAM 4GB, meskipun masih 32 bit.

Jadi, apa kesimpulan cerita sore saya ini?

Saya tidak memiliki latar belakang teknis untuk menyimpulkan apakah kesalahan pada kode manokwari, bahasa vala yang digunakan atau apalah hal yang lain. Tapi yang jelas manokwari tidak bisa berjalan mulus pada mesin saya dengan RAM 2GB, namun bisa mulus tanpa kendala ketika di-upgrade ke >3GB.

Sekian cerita saya. Semoga menggugah hati. #eh

Kategori: /berjejaring

Tag: , ,

Leave a Reply