Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

BlankOnLinux: Catatan Pemutakhiran Rote ke Suroboyo

Sekedar catatan agar mengingat apa yang terjadi kemarin sore dan pagi ini.

Ada 2 (dua) hal yang menjadi catatan saya :

1. Proses Pemutakhiran (Upgrade)

Proses berjalan lancar sampai dengan ada banyak aplikasi yang ditunjukkan oleh apt-get dapat dihapus menggunakan autoremove. Namun ketika perintah `apt-get autoremove` dijalankan ternyata terdapat paket manokwari di dalam daftar hapus.

Karena saat proses autoremove tersebut saya tidak memperhatikan secara detil, paket manokwari terhapus dan saya tidak bisa masuk antar muka BlankOnLinux ketika dimulai ulang. Beruntung saya memiliki DVD pemasang BlankOnLinux sehingga saya dapat kembali memasang manokwari menggunakan chroot ke sistem yang sudah ada dari Live DVD tersebut.

2. Standar Folder Apache

Sebagai seorang web programmer yang biasa menggunakan mesin sebagai peladen web, saat membuka salah satu proyek kantor halaman web lokal saya menemukan bahwa tidak ada satu pun yang terbuka. Setelah saya melongok ke `/var/www` terdapat satu folder yang berada di bawahnya yaitu `/var/www/html`.

Setelah memindahkan semua proyek web lokal ke folder tersebut semuanya dapat dibuka sesuai dengan keadaan sebelumnya.

Demikian catatan ini dibuat untuk dapat diingat dengan membacanya lagi.

Kategori: /berjejaring

Tag: , , , , , ,

One Response

  1. […] catatan saya yang terdahulu ada 2 (dua) hal yang menjadi poin utama saya, yaitu paket yang dihapus setelah selesai pemutakhiran […]

Leave a Reply