Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Raspberry Pi : HDMI to VGA Converter

Saya mulai malas membawa beban berat di punggung. Jadi saya mulai berpindah untuk mengaktifkan kembali mesin mungil saya agar bisa dibawa dan digunakan di mana saja. Proses pertama adalah dengan membeli converter hdmi to vga. Ini contoh penampakan produk yang katanya resmi dari thepihut.com

Pada awal percobaan saya sempat mengalami kendala yaitu tidak munculnya gambar di layar monitor. Hari ini saya berencana akan menukarnya dengan yang lain. Untuk lebih meyakinkan tidak berfungsi saya meminta tolong teman yang memiliki output hdmi di laptopnya untuk mencoba dan ternyata converter tersebut berfungsi.

Saya pun mencari referensi mengenai hal ini dan menemukan thread ini dan membaca kembali RPi_Config bagian video. Dan konfigurasi yang saya pakai sehingga bisa adalah :

hdmi_drive=2
config_hdmi_boost=4
hdmi_group=2
hdmi_mode=16
hdmi_force_hotplug=1
disable_overscan=0

Akhirnya saya tidak perlu kembali ke M2M menembus hujan pagi ini. 😀

Kategori: /tips-n-trick

Tag: , , , ,

10 Responses

  1. princeofgiri says:

    aku arep golek neh sing gawe mekbuk

  2. baim says:

    konverter itu belinya dimana ya om? saya lagi nyari di web, cuma belum ketemu. 🙂

  3. jimiarry says:

    laptop dell saya tidak memiliki vga output padahal untuk bisa tayang menggunakan lcd proyektor harus menggunakan kabel vga, jadi saya lake hdmi converter seperti punya anda, tapi kok ga bisa muncul gambar di layar lcd proyektornya, malah muncul pesan “RGB out of range”, bagaimana cara mengatasinya?

    • yht says:

      Cek setting output display Anda. Kemungkinan besar proyektor Anda tidak mampu menampilkan sesuai setting yang telah Anda tentukan.

  4. hendra says:

    Gimana cara setingnya.. karna saya mengalami hal yg sama

  5. inaa says:

    mas itu pengaturannya dimana? punya saya kok gak bisa

Leave a Reply