Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Cermin Lokal BlankOn Ombilin

Hanya sekedar untuk cadangan, saya membuat sebuah cermin lumbung paket BlankOn di tempat saya bekerja. Kebetulan ada beberapa komputer yang menggunakan BlankOnLinux versi 6.x (ombilin) yang saya pasang di komputer pegawai. Fokus utama saya adalah agar komputer-komputer tersebut tidak menggunakan koneksi keluar yang terlalu besar untuk proses yang sama, yaitu pemutakhiran sistem.

Sampai saat ini sudah ±75GB ruang data saya gunakan untuk menyimpan lumbung paket BlankOnLinux versi 6.x (ombilin) arsitektur i386 beserta kode sumbernya (source). Saat ini belum ada niat untuk membuat lumbung paket arsitektur amd64 karena memang tidak ada mesin yang menggunakannya.

Melihat kebutuhan yang besar seperti ini hanya untuk 1 (satu) versi saja (bahkan tidak utuh) membuat saya berpikir besarnya biaya untuk pembangunan lumbung paket sebuah distribusi semacam Arsip BlankOn. Atau bahkan bermacam distribusi semacam Kambing, Komo, Buaya, Suro dan yang lainnya. (#eh ini cermin apa binatang peliharaan yah?). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pembuatan cermin lokal silakan ke sini , referensi cermin lokal di rumah saya (pattimura+rote).

MS12-020 Proof-of-Concept Kode

Sekedar mengingatkan para administrator sistem windows server bahwa kode untuk mengganggu sistem Windows terutama yang menjalankan layanan Remote Desktop telah tersedia.

Apakah saya pernah mencobanya? Ya, dan sistem target langsung minta dinyalakan ulang.

Bila ingin kodenya silakan cari kode tersebut lewat google.

Jadilah administrator yang mandiri teman… Kau bertanggung jawab atas sistem yang kau kuasai…

Membaca Ulang Tabel Partisi di SO GNU/Linux tanpa Reboot

Baru saja saya mencoba untuk membuat partisi baru yaitu `/dev/sda6` menggunakan `cfdisk`, namun ternyata saat saya mencoba untuk memformatnya muncul pesan :

root@slackware64:/# mkfs.ext3 -c /dev/sda6
mke2fs 1.41.14 (22-Dec-2010)
Could not stat /dev/sda6 — No such file or directory

The device apparently does not exist; did you specify it correctly?

Wah, apa yang terjadi? Padahal sudah saya pastikan partisi tersebut ada dengan `fdisk -l`. Namun setelah saya cek dengan `ls -ll /dev/sda*` ternyata tidak ada.

Apakah media cakram saya rusak? Selengkapnya… »

Rilis Kalamangga.Com Kandidat 1

Melanjutkan proyek pribadi saya, Kalamangga.Com, dengan tertatih-tatih dengan meluangkan 30 menit sampai 1 jam sehari sejak beberapa hari yang lalu hanya sekedar untuk merenung dan berpikir akhirnya ada sedikit perubahan yang bisa saya implementasikan.

Setelah desain infrastruktur terpenuhi dengan penambahan mesin virtual, beberapa hari yang lalu saya mulai merapikan tampilan. Perubahan yang saya lakukan meliputi pemilihan warna dan desain tata letak. Dan sesuai fokus saya mengenai pengumpulan berita dari media massa daring yang berupa teks saya belum menambahkan grafik apapun.
Selengkapnya… »

Bloodshed Dev C++ [Linker error] undefined reference to cpu_features_init

Pada akhir-akhir ini saya mencoba untuk berekplorasi di bahasa C/C++ dengan menggunakan BLoodshed Dev C++. Namun pada hari ini kode yang coba saya tulis sebelumnya dan bisa dikompilasi tidak bisa dikompilasi. Pesan kesalahan :

[Linker error] undefined reference to cpu_features_init

Menengok forum ini, ternyata jawabannya menjerumuskan. x_x

Setelah menemukan forum ini, saya baru sadar. Ternyata ada dua pustaka gcc pada sistem yang berjalan karena beberapa waktu sebelumnya saya mencoba MinGW.

Jadi kesimpulannya, JANGAN PERNAH SELINGKUH! Coba-coba di satu aplikasi pengembangan saja…

[Undang-Undang] Poin Penting UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers

Perkembangan komunikasi semakin pesat. Salah satu penyaluran informasi yang saya lakukan adalah melalui blog ini. Sepertinya selain kantor berita dan organisasi pers yang ada, blog bisa dikenakan dalam peraturan perundang-undangan pers dikarenakan memiliki unsur pers. Oleh sebab itu tidak ada salahnya saya mencoba untuk membaca dan mencatat mengenai poin penting dalam peraturan ini, kan?

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.” – Pasal 1 ayat (1)

Fungsi pers diatur dalam pasal 3 peraturan ini, yaitu :
(1) Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Disamping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.
Selengkapnya… »

Arsip