Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Log Resmi Universitas Virtual Terbuka

Semalam saya tidak bisa ikut rapat di #uvt @ irc.freenode.net dan pagi ini saya menanyakan adanya log rapat semalam di grup FB. Oleh Pak Raviyanto, diberikan tautan log yang telah dikumpulkan oleh beliau.

Bagi Anda yang ingin tahu proses pengembangan bisa menunjungi situs tersebut.

Catatan Rapat Pengembangan Universitas Virtual Terbuka #1

Pengembangan sebuah aplikasi memerlukan sinergi dari para personelnya, oleh karena itu diwajibkan untuk sering bertukar pendapat atau rapat. Berikut catatan rapat yang bisa dikumpulkan sampai dengan saat ini.

Pemilihan Media Belajar
Manajemen Situs dan Materi Kuliah

Bila Anda ingin bergabung untuk sekedar saran atau memonitor silakan bergabung dengan kami di #uvt @ irc.freenode.net.

Mari berbagi…

Bergabung dengan Tim Universitas Virtual Terbuka

Beberapa hari yang lalu saya membaca di milis pengembang #BlankOn mengenai Proyek Universitas Virtual Terbuka.

Proyek tersebut untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini. Memang proyek ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memulainya, maka pada awal pengembangan proyek ini diikut sertakan dalam Lenovo doNetwork.

Sekilas mengenai proyek ini bisa dibaca pada presentasi oleh Raviyanto.

Saya sudah bergabung. Bagaimana dengan Anda?

Membuat Cermin Lumbung Paket Distribusi Basis Debian dengan Reprepro

Membuat lumbung paket sendiri memang sangat saya butuhkan sebagai penikmat distribusi Linux. Sehingga saya sempat mencari tahu dan menulis mengenai membuat lumbung paket BlankOn/Ubuntu/Debian dengan menggunakan Debmirror. Namun pada perkembangan kebutuhan dan pendalaman mengenai pengembangan BlankOn saya membutuhkan bukan hanya sebuah alat yang mengunduh paket yang termutakhir namun juga membuat lumbung paket bagi distribusi baru dari basis yang sudah ada.

Aplikasi yang kini saya pakai adalah Reprepro, sesuai langkah yang dijadikan rujukan oleh pengembang BlankOn mengenai cara membuat cermin. Bila mungkin yang ada di tautan tersebut masih menggunakan rilis ombilin, berikut isi konfigurasi milik saya yang mengunduh paket rilis pattimura dan paket pengembangan (rote).
Selengkapnya… »

Berselancar ke Media Simpan Jaringan dengan PCManFM

Menguasai mesin dengan spesifikasi Intel P4 dengan RAM 128MB membuat saya harus memilah distribusi linux. Pada dasarnya saya menginginkan mesin ini menjalankan OS BlankOn, namun ternyata saya kesulitan dengan media pemasangan yang masih terbatas. Dengan Lubuntu, ternyata saat pemasangan membutuhkan RAM minimal 386MB. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Debian LXDE.

Pemasangan tidak membutuhkan waktu yang lama, namun konfigurasi sempat membuat bingung karena koneksi internet sempat melambat dan beberapa pustaka dan ketergantungan yang belum terpasang. Salah satu masalah adalah PCManFM tidak bisa berselancar ke Media Simpan Jaringan.

Setelah bertanya kepada mbah Google saya menemukan Catatan Rilis Ubuntu Maverick Meerkat mencatat permasalahan ini. Semua berjalan setelah menjalankan perintah :

# apt-get install gvfs-backends

Saya tidak tahu kenapa gvfs-backends tidak terpasang secara otomatis.

Arsip