Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Berusaha dengan Otak dan Hati

Berusaha adalah perintah dari Tuhan YME. Diwujudkan dengan memberi kita otak dan hati. Apa fungsi keduanya?

Otak digunakan untuk sebagai pusat pengaturan seluruh tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Hati merupakan organ yang menopang kelangsungan hidup hampir seluruh organ lain di dalam tubuh. Oleh karena lokasi yang sangat strategis dan fungsi multi-dimensional, hati menjadi sangat rentan terhadap datangnya berbagai penyakit. Berdasarkan fungsinya, hati termasuk sebagai alat ekskresi. Hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun (saring) dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi. Hati juga berperan dalam sistem kekebalan dengan banyaknya sel imunologis pada sistem retikuendotelial yang berfungsi sebagai tapis antigen yang terbawa ke hati melalui sistem portal hati.

Mari kita pahami lebih mendalam…

Dengan adanya otak manusia diharapkan bisa menjalankan aktivitasnya sesuai dengan apa yang dia pelajari, apa yang dia alami dan apa yang dia rasakan. Semuanya itu tersimpan dalam otak dan siap digunakan kapan saja.

Coba bayangkan bila seseorang tanpa pengetahuan yang cukup melakukan sebuah usaha. Pada awal perjalanan usahanya bisa dipastikan dia akan mengalami proses pembelajaran. Semua yang dia alami direkam. Apa yang dia rasakan terekam pula dengan baik. Proses itu membentuk sesuatu yang disebut pengalaman. Melalui proses tadi orang tersebut akan mencari yang terbaik dengan berpikir sesuai proses yang ia alami. Bila dia tidak menemukan dalam otaknya, dia akan mencari pada otak orang lain, dengan bertanya tentunya.

Didalam otaklah ada proses pembelajaran. Berusaha dengan otak berarti berusaha disertai dengan proses pembelajaran yang terus-menerus.

Sama pentingnya dengan otak, hati adalah penyaring racun dan memisahkannya dari bagian-bagian yang baik. Hati merupakan pendukung bagian-bagian lain dalam tubuh. Hati juga berperan dalam sistem pertahanan tubuh.

Mari kita membayangkan lagi orang yang tadi sudah melalui proses pembelajaran dan sukses. Suatu waktu dia menemukan cara curang untuk mencapai kesuksesannya dengan cara mudah, bila hatinya tak berfungsi dengan baik, dia akan terus melakukannya. Atau karena merasa sudah sukses, tanpa hati, dia akan mengesampingkan saudara-saudaranya, teman-temannya, dan anak buah atau pegawainya, mengejar kesuksesannya sendiri. Dan tanpa hati, bisikan dari pelaku kecurangan lainnya akan membuat sindikat pelaku kecurangan.

Dengan hati, kita peduli dengan kelangsungan usaha dan lingkungan.

Jadi, sudahkah usaha Anda menggunakan otak dan hati? Bila belum, bertobatlah…

Kategori: /artikel

Tag: ,

One Response

  1. […] Semua tentang gerakan memerdekakan diri untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sejati. Dengan otak dan hati. […]

Leave a Reply