Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Merubah Pola Pikir

Beberapa hari yang lalu saya berkumpul bersama kelompok rohani saya. Di sana saya mendapat pencerahan dari pembimbing rohani kami mengenai cara melihat suatu masalah dan merubah pola pikir.

Dalam bimbingan itu saya mendapat sesuatu yang membangkitkan semangat lagi untuk menjalani hidup. Paling tidak saya bisa melihat sesuatu yang saya hadapi dari sudut pandang lain. Melihat segala sesuatu yang dihadapi dengan positif dan menjadikan pikiran negatif sebuah tantangan yang harus ditakhlukkan.

Ada 4 (empat) poin yang harus dijalani dalam menghadapi masalah dan merubah pola pikir. Yaitu :

  1. Mendengarkan suara hati, pergolakan batin dan kritik saat menghadapi masalah;
  2. Menyadari akan adanya pilihan, menerima atau menolak dengan berbagai konsekuensinya;
  3. Berbicara dengan suara hati, mempertimbangkan segala konsekuensi dari sudut pandang positif serta membuat kesimpulan niat baik; dan
  4. Beraksi, menjalankan niat baik dengan hati tulus.

Yang terpenting adalah merubah sudut pandang. Ketika Anda tidak yakin bisa melakukan sesuatu atau melewati tantangan, ubahlah sudut pandang Anda. Anggaplah semua hal itu bisa Anda lewati dan yakinlah. Ketika Anda menerima kritik, anggaplah itu sebuah nasehat untuk terus maju. Ketika Anda belum bisa menyelesaikan, teruslah berusaha.

Keadaan menjadi masalah saat kita berpikir bahwa itu adalah sebuah masalah. Ubahlah pola pikir Anda, dan hadapilah keadaan itu.

Selamat meneruskan hidup…

Kategori: /ego

Tag: , , ,

Leave a Reply