Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Menambang Data, Sebuah Implementasi Sederhana

Anda adalah pemilik perusahaan yang memiliki hubungan dengan banyak rekan bisnis baik itu pelanggan, media promosi, maupun produsen dan agen. Setiap transaksi dengan rekan bisnis Anda tersebut tercatat dalam pembukuan terkomputerisasi di basis data. Dan perusahaan Anda sudah berjalan lebih dari satu tahun. Kini saatnya Anda melakukan penambangan.

Apa yang dimaksud dengan penambangan data ini? Apa yang ditambang? Bagaimana cara menambangnya? Apakah kegunaannya bagi kelangsungan bisnis?

Pada dasarnya penambangan data ini adalah proses pengolahan data menjadi sebuah laporan statistik yang bisa digunakan oleh Anda sebagai pelaku bisnis untuk menentukan arah pengembangan bisnis. Semua bisa dilakukan bila kita memiliki data yang akurat mengenai perusahaan dan transaksi bisnis yang dilakukan.

Sebagai contoh bila Anda adalah pengusaha dalam bidang distribusi. Anda memiliki tiga toko di lokasi yang berbeda dengan jenis barang yang sama. Misal : peralatan kantor, peralatan rumah tangga, dan makanan ringan. Pada ketiga toko tersebut bisa dipastikan perbandingan penjualan setiap jenis barang akan berbeda. Dengan data yang Anda miliki, Anda bisa menampilkan detail statistik perbandingan tersebut. Sehingga setelah mendapatkan data tersebut bisa Anda putuskan perbandingan pengiriman barang dari gudang ke setiap toko tersebut.

Contoh lainnya mengenai hubungan dengan produsen atau agen produk yang Anda distribusikan. Anda bisa mengambil data statistik mengenai jumlah retur barang ke produsen atau agen. Semakin besar nilai retur bisa menunjukkan kualitas distribusi agen atau kualitas produk tersebut. Bila memang ada dan kurang dari standar yang Anda miliki, silakan ambil tindakan.

Memang contoh tersebut sangat sederhana tapi saya harap bisa membuka wawasan Anda mengenai pentingnya memiliki data yang akurat dari tiap usaha yang Anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Kategori: /artikel

Tag: , ,

Leave a Reply