Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Definisi Pajak dan Bea

Tulisan ini SENGAJA saya buat karena banyak media menyebut “Pajak Bea Masuk“, contohnya di sini. Sedangkan ke-salah-kaprah-an sudah tersebar, silakan lihat di google atau di bing.

Hendaknya bila kita mencari definisi kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, Pajak adalah pungutan wajib, biasanya berupa uang yg harus dibayar oleh penduduk sbg sumbangan wajib kpd negara atau pemerintah sehubungan dng pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dsb. Sedangkan bea adalah pajak/cukai (kata benda).

Bila disebutkan sesuai definisi di atas, saat seseorang menyebut pajak bea masuk, sama halnya dia menyebut pajak pajak masuk. Benarkah menyebut 2 (dua) kata yang bersinonim sebagai kata benda? Sepengetahuan saya hal tersebut berlaku untuk kata sifat.

Di Indonesia perpajakan dipungut oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk pajak pusat dan Dinas Perpajakan untuk pajak daerah. Untuk keterangan lebih lanjut silakan baca di wikipedia mengenai pajak. Untuk pabean, di Indonesia dipungut oleh Direktorat jenderal Bea dan Cukai. Keterangan lebih lanjut di wikipedia mengenai pabean atau wikipedia mengenai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau wikipedia mengenai bea masuk.

Kategori: /artikel

Tag: , , , , ,

Leave a Reply