Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Definisi Pajak dan Bea

Tulisan ini SENGAJA saya buat karena banyak media menyebut “Pajak Bea Masuk“, contohnya di sini. Sedangkan ke-salah-kaprah-an sudah tersebar, silakan lihat di google atau di bing.

Hendaknya bila kita mencari definisi kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, Pajak adalah pungutan wajib, biasanya berupa uang yg harus dibayar oleh penduduk sbg sumbangan wajib kpd negara atau pemerintah sehubungan dng pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dsb. Sedangkan bea adalah pajak/cukai (kata benda). Selengkapnya… »

Bergabung Dalam Proyek Blankon

Beberapa hari yang lalu saya menekatkan diri untuk bergabung dalam sebuah tim pengembangan distribusi GNU/Linux dalam negeri, Blankon, sebagai anggota Tim Infrastruktur. Meski modal nekat, saya tetap harus memenuhi syarat kompetensi sebagai Tim Infrastruktur.

Atas petunjuk Pak Somat, saat ini saya harus menguasai Nginx dengan Modul FCGI dan Trac, yang sampai saat ini masih saya pelajari. Dan sebagai tambahan, trac diharuskan dijalankan oleh pengguna tertentu sehingga saya harus pula mempelajari model konfigurasi python.

Mudah-mudahan bisa saya pelajari dengan segera. 🙂

Autorun Hanya Untuk Cakram Merupakan Pilihan Dari Microsoft

Seperti dalam kabar rilis berita dari microsoft, seakan-akan kabar tersebut pastilah sudah langsung terinstall di komputer pengguna Sistem Operasi Proprietary ini.

Tadi pagi saya melihat notifikasi update Sistem Operasi dan melakukan pemutakhiran. Cukup banyak. Namun saya tidak melihat detilnya karena kesibukan tadi pagi.

Ketika tadi saya menerima kabar, iseng, saya melakukan update melalui web. Ternyata patch tersebut masih optional.

Berikut hasil screenshot-nya : Selengkapnya… »

BlankOn Linux 6.1 (Ombilin) Instalasi Sistem dan Paket Pengembangan

Karena tidak bisa melakukan `sudo apt-get dist-upgrade`, maka saya memutuskan untuk fresh install BlankOn Linux versi stabil terbaru, yaitu 6.1. Proses instalasi tidak memakan waktu lama, cukup 20 menit saja maka paket desktop telah bertengger di mesin saya.

Mengenai paket pengembangan yang saya maksud di sini adalah sesuai dengan presentasi pada slide 4 (Peralatan) milik Pak Somat. Selain itu juga ada paket untuk infrastruktur yang harus di dapatkan.

Saat melakukan `sudo apt-get install namapaket`, Selengkapnya… »

Upgrade Nanggar ke Ombilin

Semalam saya melongok ke laptop untuk ngoprek saya. Saat saya melihat partisi ternyata ada partisi Blankonlinux didalamnya yang masih versi 5.0 (nanggar).

Menggunakan repo foss-id saya melakukan `sudo apt-get dist-upgrade`. Pagi ini saya menjumpai sebuah pesan tunggu untuk rekonfigurasi yang ternyata setelah dijalankan menghasilkan pesan kesalahan sebagai berikut : Selengkapnya… »

Arsip