Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Belajar Melukis dengan Kamera – Fotografi

Yak, hanya sekedar berbagi mengenai hobi saya yang satu ini, ‘mengintip’. Saya memang bukan photographer kawakan namun biarlah pemula ini berbagi sedikit teori.

Apa itu fotografi? Berikut cuplikan kata sang wikipedia mengenai fotografi :

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “Fos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Ketika semalam saya bercengkerama dengan salah seorang kolega, kolega saya tersebut memberikan masukan dari hasil jepretan saya. Memang saya tidak ingin belajar dan mengerjakan sesuatu yang bisa dibilang sia – sia karena berdasarkan pendapat pribadi. Saya juga ingin belajar dalam koridor yang benar.

Seperti halnya melukis dalam kanvas, pada dasarnya fotografi adalah menggambarkan suasana dengan tema dan sudut pandang tertentu. Suasana di sini tentu saja menunjuk pada pencahayaan karena memang media yg digunakan adalah cahaya.

Dan dengan tanpa memperpanjang ketikan saya ini karena harus bekerja, berikut 3 (tiga) hal yang harus saya pelajari lebih dulu :

      Kepekaan (ISO);
      Kecepatan Pengambilan; dan
      Banyaknya cahaya yang masuk.

Keputusan memang di tangan saya sendiri dalam belajar seni fotografi yang benar atau belajar menjadi tukang foto.

Kategori: /home/yht

Tag: ,

2 Responses

  1. hibernate says:

    Thx Buat infonya bozz, saya juga ingin mengundang Anda untuk mengikuti Kontes video kreatif AVANZA, Total hadiah 75 Juta rupiah. jangan lupa ikut serta yah. info lengkap:
    http://www.facebook.com/avanzanation?v=app_113935375335692&ref=ts

Leave a Reply