Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Antara Motivasi Diri dan Depresi

Ketika Anda merasa tidak bersemangat, malas beraktifitas, sering melupakan sesuatu, Anda harus berhati hati karena bisa jadi Anda mengalami depresi. Hal ini tidak bisa diobati dengan pemberian motivasi. Dan ketika saya melihat sekeliling, saya melihat ada beberapa yang mengalaminya. Mungkin juga, saya mengalami hal yang sama.

Depresi adalah tingkat terendah bila diukur dari satuan motivasi. Dalam tingkat ini yang dibutuhkan penderita adalah perlakuan khusus, yaitu konseling, bukan tambahan motivasi. Karena bisa dipastikan ada sesuatu yang seharusnya ia keluarkan namun tidak bisa keluar dan terpendam. Sesuatu yang terpendam inilah yang harus satu persatu digali dah diselesaikan.

Akhir-akhir ini makin banyak motivator yang bermunculan. Bagi yang masih pada level kurang motivasi ini bisa menambah atau menumbuhkan kembali motivasinya. Namun bila ia depresi ia akan tetap pada level itu karena masih banyak hal yang berputar-putar di pikirannya, bahkan penolakan diri. Tidak menerima dirinya sendiri inilah yang menjadi masalah utama penderita. Apakah ada hal yang bisa dilakukan ketika kita sudah mendekati level terendah ini?

Bisa. Bila SQ dan EQ Anda tinggi mungkin Anda tidak akan mengalami depresi dengan menahan emosi dan percaya kita bisa melawannya.

Metode penyembuhan yang paling mudah untuk melawannya sebenarnya adalah dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Mencurahkan segala sesuatu ‘unek-unek’ kita dan keyakinan bahwa Dia mendengarkan segala sesuatu yang kita keluarkan itu adalah salah satu konseling.

Bila Anda kurang sreg dengan ini, dan Anda memiliki uang lebih, silakan Anda menghubungi motivator-motivator, atau Psikolog yang Anda suka. Menghubungi kaum profesional memiliki segudang teori dan pengalaman mengurusi orang-orang yang mengalami depresi juga merupakan hal yang baik.

Semua terserah Anda. Saya hanya membagikan apa yang saya dapat. Semoga bermanfaat..

Kategori: /ego

Tag: , ,

One Response

  1. […] aku bangun dengan malas, memulai hari dengan gontai, dan terlambat datang ke kantor. Mungkin aku sedang mengalami demotivasi. Tapi siapa yang bisa membangkitkan […]

Leave a Reply