Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Jengkel dan Marah

Saya hanya bisa menyampaikan, siapa pun Anda apa yang Anda lakukan itu bukanlah hal yang baik. Bila memang Anda ingin mencoba kekuatan, silakan cari orang lain. Saya cuma pengguna komputer biasa yang tak tahu apa-apa.

Apakah Anda ingin saya mencari tahu siapa Anda? Apakah dengan begitu Anda senang karena Anda diakui bahwa Anda ada?

Bila memang Anda adalah seorang peretas yang handal, saya ingin Anda membuat suatu yang bermanfaat bagi negeri ini. Pengetahuan Anda akan lebih berguna bila digunakan untuk berperan serta membangun keamanan di negeri ini.

Membangun Modul Perl dengan cpan2tgz

Setelah berpindah haluan dari pemrograman web berbasis php, saya menekuni perl. Saya ingin mencoba meningkatkan lagi kemampuan saya dalam pemrograman berbasis sistem, membuat semua yang saya butuhkan berjalan secara otomatis. Sebelumnya saya belajar php untuk mempelajari web dinamis namun akhir-akhir ini saya jenuh dan ingin refreshing dengan mengubah pola pemrograman. Saya sendiri lebih dahulu belajar pemrograman dengan perl daripada dengan php.

Pemrograman berbasis perl memiliki satu keunggulan yang belum dimiliki oleh pemrograman lain, yaitu modul yang lengkap, CPAN. Ya, paling tidak dari segi jumlah modul lebih unggul dari yang lain. Dan pada tulisan ini saya ingin berbagi mudahnya belajar perl dengan aplikasi yang tersedia bagi distro favorit saya, Slackware. Nama aplikasi ini ada cpan2tgz yang dibuat oleh Jason Woodward, yang juga membuat slapt-get.
Selengkapnya… »

Peralatan Pemalas : sbopkg dan slackpkg

Dulu menjadi seorang pengguna Slackware (slacker) mungkin sebuah imej yang ‘wah’. Memang kesan pertama saat installasi masih meninggalkan kesan yang sama seperti dulu, distro yang ditujukan untuk seorang ‘advance‘. Dengan TUI, pasti pengguna awam akan menyingkirkannya dan memilih yang lain. Apalagi dari segi installasi aplikasi baru yang tergolong cukup sulit.

Namun semuanya itu adalah distro slackware yang dulu. Saat ini pengguna distro slackware seakan-akan makin dimanja dan dibuat menjadi seorang yang benar-benar `pemalas` (slack = malas). Install dan pemutakhiran aplikasi bukanlah hal yang sulit lagi. Anda hanya memerlukan 2 (dua) paket aplikasi saja, yaitu sbopkg dan installpkg.

Sbopkg merupakan aplikasi untuk membangun paket aplikasi sesuai repository slackbuilds.org. Sedangkan slackpkg merupakan aplikasi yang ditujukan untuk pemutakhiran aplikasi sesuai paket di cermin pengembang slackware. Slackpkg sudah ada dalam distribusi.

Dan.. Saya pun malas untuk menjelaskannya. Yah.. Terlalu dimanja memang membuat malas… 😆

Arsip