Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Membuat CBT dan Berbagi Ilmu Berbasis Komputer

Apa itu CBT?

Berbicara mengenai CBT, saya teringat ketika dulu menemukan CD berisi tutorial berbentuk video yang menjelaskan mengenai linux distribusi RedHat dari salah seorang tutor kenamaan. Dari tutorial tersebut saya mendapat pengetahuan lebih karena dapat menangkap penjelasan dengan 2 (dua) indra saya meskipun dengan ‘terbata-bata’ saya menerimanya karena tutorial tersebut dalam bahasa luar. CD tutorial tersebut memiliki sampul dengan judul ‘Computer Based Training …’ atau disingkat CBT. Pada dasarnya ini adalah sebuah penjelasan dan pembelajaran dengan melihat dan mendengar dengan media komputer. Bisa mengenai aplikasi ataupun konfigurasi dan yang berhubungan dengan komputer lainnya.

Mengapa saya ingin mencatat tentang ini? Karena dalam hampir 3 (tiga) tahun terakhir ini saya selalu berhubungan dengan dokumentasi dan berbagi ilmu. Dalam komunitas pekerjaan saya dianggap memiliki ‘kelebihan’ oleh teman-teman dan mereka seringkali meminta bagian.
Selengkapnya… »

Kernel 2.6.33 telah rilis!

Setelah hampir 3 (tiga) bulan dari rilis 2.6.32, kernel Linux versi baru, 2.6.33, telah rilis.

Segala perubahan dapat Anda baca di sini. Dan kode sumber lengkap dapat Anda unduh di sini.

Saya sendiri lebih suka dengan mengikuti perkembangan kernel dengan git. Karena dengan begitu saya mendapatkan kode terbaru dari kernel mengingat pengembangan kernel itu sendiri menggunakan git.

Saat ini saya belum memiliki kode tersebut. Namun bila proses git sudah selesai, Anda bisa melihat hasilnya di sini.

Platform terbuka lebih tahan banting?

Saya melalui postingan ini, meskipun terlambat, mengucapkan terima kasih kepada pengembang perangkat lunak kode terbuka dan semua pihak yang mendukung pengembangannya. Apa yang dikembangkan oleh banyak orang dan bebas diaudit ternyata menang pada tes yang dilakukan oleh auditor sistem rekanan.

Proyek yang hampir setahun ini berjalan dimana nama saya termasuk di dalamnya memang menggunakan platform terbuka. Dan memang saya sendiri telah, saya rasa, cukup kenal dengan platform ini. Dan berikut akan saya ceritakan sedikit mengenai latar belakang ucapan terima kasih saya.
Selengkapnya… »

WordPress : Jahitan ke 2.9.2

Meskipun pada versi ini tidak berpengaruh besar bagi blog saya, namun saya merasa perlu untuk melakukan jahitan.

Penjelasan mengenai jahitan dapat dibaca di blog pengembangan wordpress.

Memang sudah dari 3 (tiga) hari yang lalu perangkat lunak yang mendukung blog saya ini dijahit. Namun apalah daya, saya baru bisa menengok blog ini hari ini, jangan tanya kenapa.

Perangkat bisa diunduh di sini.

Apakah Anda Seorang Pengembang Web?

Hanya tergelitik tulisan dari om Okto Silaban tentang Pengetahuan Dasar Pengembang Web.

Sebagai seorang pemula memang terkadang sifat ingin tahu terlalu menggebu. Namun jangan sampai sifat ‘kemaruk‘ itu ada, sebab Anda akan merasakan sendiri akibatnya. Dengan perkembangan dunia pemrograman yang kian pesat, apakah Anda bisa mengikuti semua teknologi yang ada?

Untuk menjadi seorang profesional dalam dunia pemrograman haruskah menguasai semua bahasa yang ada?
Selengkapnya… »

Jatuh Tempo PBB 2010, DKI Jakarta

Hanya sedikit kaget dan bingung. Karena dengan kesepakatan bersama seluruh DKI memutuskan jatuh tempo atau batas akhir pembayaran PBB tahun pajak 2010 ini adalah pada tanggal 28 Agustus 2010.

Lalu mengapa saya bingung? Coba lihat ke kalender masehi yang Anda miliki *kalo gak punya lihat aja di komputer*. Perhatikan dengan seksama. Ya, hari itu adalah hari sabtu yang notabene bukan hari kerja dari tempat pembayaran atau bank.

Jadi, kenapa saya harus bingung? Saya juga bukan pegawai bank penerima pembayaran PBB kok. *berlalu*

Mengurung Diri dalam Penjara Pekerjaan

Aku masih di sini. Bersama tumpukan berkas ditemani deru mesin yang meraung-raung seakan memohon untuk kembali didiamkan.

Pekerjaan ini memang setahun sekali. Namun apakah perlu sistem kebut sehari seperti masa-masa pembelajaran formalku yang teorotis itu terulang? Ya, mungkin memang sepertinya aku tak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Ketepatan waktu memiliki banyak faktor. Dan aku di sini seakan dipojokkan untuk menanggung semua beban yang akibat perburuannya. Meski ini bukan 100% salahku, seakan semua mata memandangku begitu. Orang yang aku harapkan melindungikupun menyalahkanku.

Baiklah, mulai sekarang aku akan diam. Pekerjaan ini akan aku selesaikan dan semuanya akan kembali normal.

Akankah semudah itu?

Arsip