Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Mencoba GIT pada Proyek, Pengenalan SPT-Web

Sampai beberapa waktu lalu saya masih gamang mengenai aplikasi apa yang akan saya pakai untuk mengatur proyek saya. Namun dengan keputusan pasti saya mencoba untuk mulai mengatur pola saya dalam berinteraksi dengan barisan kode pada aplikasi GIT.

Saat ini saya bergabung dalam sebuah proyek diatas platform web mengusung tema open source, namun saya masih belum bisa mengakui bahwa proyek ini adalah murni open source. Saya tidak akan berbicara mengenai sesuatu yang menyenangkan di sini tapi akan mengarah pada manajemen pengembangan.

Ketidakjelasan pengembangan karena keterbatasan jalur akses ke dalam server pengembangan sangat mempengaruhi. Hal ini membuat pengembangan tersendat di tengah desakan kebutuhan pengguna yang buru-buru ingin menikmati, padahal volume pekerjaan rutin tim pengembang tidak dikurangi. Al hasil, pekerjaan rutinlah yang dikorbankan demi sebuah tugas.

Beberapa waktu yang lalu, kurang lebih sebulan, saya menerima permintaan aplikasi administrasi distribusi SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan Pajak. Hal ini dikarenakan bagian pelayanan ingin selalu memonitor para wajib pajak yang mengambil SPT-nya di kantor tempat saya bekerja. Sedangkan fungsi semacam ini tidak didapat dari sistem informasi yang telah ada.

Pada mulanya aplikasi ini sangat sederhana dimana dalam ruang lingkup kantor saja. Manajemen pengguna tidak diperlukan karena dengan pembatasan alamat jaringan saja sudah cukup untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses, dalam arti mendistribusikan SPT ke wajib pajak. Nama awalnya adalah Take-SPT.

Namun karena ada staf pemasaran yang tanpa perlu saya bayar menyebar informasi ke jenjang yang lebih tinggi maka diperlukan banyak perubahan pada aplikasi. Dan karena ini sama saja dengan membuat baru dari awal maka nama aplikasi pun saya ubah, SPT-Web.

Dan dengan tidak terlepas dari pemikiran awal mengenai konsep dan manajemen pengembangan, saya memutuskan aplikasi ini berlisensi GPL dan menggunakan GIT. Semua sumber daya berupa kode bisa didapatkan secara bebas. Saya akan mencoba melengkapi semua dan menjedi seorang pengembang yang baik. Apa yang Anda perlukan nantinya bisa didapatkan melalui halaman proyek di github.com.

Anda ingin bergabung dengan saya dalam pengembangan? Hubungi saya. Sebelumnya, Anda perlu belajar GIT terlebih dahulu.

Selamat belajar. Saya tunggu kabar dari saudara.

Happy Coding!

Kategori: /php

Tag: , , , ,

Leave a Reply