Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Menuju Era 64bit dengan Slackware

Saat ini sebagian besar mesin yang beredar dipasaran merupakan mesin x86 dengan dukungan lebar data 64bit, baik dari AMD maupun Intel.

Setelah menunggu dan akhirnya rilis, saya pun mengunduh berkas iso Slackware. Tapi sampai kemarin saya masih menunggu ada berkas iso dari Slackware64, yaitu paket distribusi Slackware dengan dukungan arsitektur 64bit. Menunggu munculnya di sini dan mulai bosan, akhirnya kemarin saya memutuskan untuk mengunduh slackware64 yang masih berupa paket-paket dari sini dengan `wget -r -np -nH`.

Dan hari ini, ketika saya menelusuri ftp.osuosl.org/ lebih jauh saya menemukan ini. Namun sepertinya tidak akan saya unduh karena unduhan yang berjalan hampir selesai.

Mungkin kebutuhan saya tidak mengharuskan saya menggunakan arsitektur 64bit, namun karena saya menguasai 3 (tiga) mesin dengan kemampuan tersebut maka tak ada salahnya saya mencoba untuk memaksimalkan pekerjaan dengan dukungan ke-tiga-nya. Ketiga mesin tersebut masing-masing berintikan 2 Intel Pentium D dan 1 Intel Core2Duo. Mesin-mesin tersebut berupa 1 buah PC dan 2 Laptop.

Saya sendiri masih mengerjakan projek tantangan dari bapak yang satu ini untuk membuat sebuah distro atau apalah namanya itu berdasarkan distro slackware namun dengan paket spesifik untuk mesin i686 di semua lini. Projek ini masih saya hentikan sementara karena saya harus mengerjakan sesuatu hal demi bangsa dan negara ini. *halah*

Jadi saat ini saya memiliki 2 (dua) buah keinginan dalam permak slackware. Satu untuk mengkhususkan dalam penggunaan mesin i686 dan satu untuk mesin dengan dukungan 64bit.

*Ngomong-ngomong, kog masalah mesin semua yah?*

Dan pertanyaannya, kapan bisa terealisasi? *mikir*

Kategori: /etc/issue

Tag: , ,

Leave a Reply