Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Memberdayakan Fasilitas Gratis Microsoft

Anda maniak teknologi microsoft berkantong cekak? Saya akan berbagi bagaimana memanfaatkan fasilitas gratisan microsoft, paling tidak sampai pertengahan tahun depan.

Saya tidak sedang ‘mbalelo’. Tapi sepertinya saya harus mencoba fasilitas yang tanpa biaya dari sebuah perusahaan besar pengembang perangkat lunak untuk sekedar tahu. Agar tidak ‘gaptek’ bila ada pertanya seputar teknis dari sistem mereka.

Saat ini laptop kesayangan saya yang notabene tidak ada aplikasi bajakannya menjalankan sistem operasi windows. Tapi jangan salah, ini legal. Saya hanya memanfaatkan apa yang bisa saya pelajari selagi bisa dengan biaya seminim mungkin, bahkan kalau bisa tanpa biaya.

Dari segi sistem operasi saya menggunakan Windows 7 Ultimate. Sistem operasi yang masih dalam versi ‘beta’ ini telah dirilis secara gratis untuk diujicobakan sejak beberapa bulan yang lalu. Saya sendiri mendapatkan dari sebuah majalah langganan.

Semua perangkat keras telah terdeteksi oleh sistem operasi ini tanpa menambahkan ‘driver’ apapun, kecuali kartu suara. Dari segi perangkat lunak, microsoft mem-bundle sistem operasi ini dengan standar sistem operasi sebelumnya. Burner, Media Player dan peralatan standar sudah disediakan dengan beberapa tambahan salah satunya Power Shell. Sebuah sistem operasi gratis yang sudah memenuhi kebutuhan.

Saya adalah seorang pengembang perangkat lunak yang ingin belajar sesuatu yang baru. Oleh sebab itu saya juga membutuhkan peralatan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat di sistem ini. Dan Microsoft juga menyediakan Microsoft Visual Studio Express Edition. Bahasa pemrograman dasar dan kebutuhan dasar pengembangan sudah tercakup didalamnya. Visual Basic dan C termasuk C++ dan C# bahkan pengembangan web dan basis data sudah termasuk dalam bundle perangkat lunak tersebut.

Lalu apa yang masih kurang? Peralatan untuk bekerja. Tidak ada peralatan kantor gratis yang bisa saya gunakan selain OpenOffice. Pengolah gambar saya menggunakan GIMP. Dan peralatan lain saya masih harus mengais-ngais di gudang penyimpanan 1 TB saya.

Namun peralatan inti untuk tahap pembelajaran ini sudah lengkap. Mari kita ‘obok-obok’ sistem ini!

Kategori: /home/yht

Tag: , , , ,

Leave a Reply