Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Kesibukan Akhir Bulan

Bulan ini ternyata merupakan bulan yang sangat sibuk bagi perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Ada beberapa acara yang berhubungan dengan dunia maya di wilayah regional Indonesia akhir-akhir ini.

Saya sendiri telah mengikuti 2 (dua) dari 4 (empat) acara yang terselenggara pada akhir bulan ini, Pesta Blogger 2009, di SMESCO, dan GCOS (Global Conference on Open Source), di Shangrila Hotel. Sedangkan masih ada 2 (dua) agenda acara lagi di akhir bulan ini. Pertanyaannya, “Apakah saya akan mengikuti keduanya?”.

Esok hari saya memastikan diri hadir untuk bertemu sang pendiri GNU. Sedangkan untuk hari terakhir dalam bulan ini saya masih menunggu suntikan dana dari rekan saya yang memegang sisa SPPD saya kemarin. 😆

Photo akan segera saya unggah di Facebook.

SELAMAT HARI BLOGGER!

Mesin Pencari Kepunyaan Sendiri

Saya memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha dibidang teknologi, terutama pengembangan perangkat lunak, seperti halnya pengembang perangkat lunak internasional pemilik google, microsoft dan facebook. Mereka bekerja dengan tujuan untuk memudahkan orang lain, sebuah bisnis yang mulia, meskipun tak dapat dipungkiri semua hal ada harganya. Sampai saat ini, impian tersebut masih ada, saya masih belajar terus mengenai teknologi.

Saat ini saya tertarik dengan sebuah teknologi mesin pencari. Sebuah teknologi yang dimiliki hampir seluruh pengembang besar perangkat lunak. Mereka berperang dingin menciptakan mesin pencari dengan fitur yang paling canggih. Dalam literatur yang saya baca, salah satunya wikipedia mengenai Web Crawler, dijelaskan bahwa dalam proses kerja mesin pencari harus ada sebuah program yang bekerja sebagai pengumpul data secara otomatis. Program ini diharapkan bisa mendapatkan data akurat dan terbaru dari sumber sehingga hasil yang diinginkan oleh pengguna pun maksimal.
Selengkapnya… »

Memberdayakan Fasilitas Gratis Microsoft

Anda maniak teknologi microsoft berkantong cekak? Saya akan berbagi bagaimana memanfaatkan fasilitas gratisan microsoft, paling tidak sampai pertengahan tahun depan.

Saya tidak sedang ‘mbalelo’. Tapi sepertinya saya harus mencoba fasilitas yang tanpa biaya dari sebuah perusahaan besar pengembang perangkat lunak untuk sekedar tahu. Agar tidak ‘gaptek’ bila ada pertanya seputar teknis dari sistem mereka.

Saat ini laptop kesayangan saya yang notabene tidak ada aplikasi bajakannya menjalankan sistem operasi windows. Tapi jangan salah, ini legal. Saya hanya memanfaatkan apa yang bisa saya pelajari selagi bisa dengan biaya seminim mungkin, bahkan kalau bisa tanpa biaya.
Selengkapnya… »

Arsip