Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Memetakan Komputer Melalui Berkas Hosts

Saya membangun sebuah Webserver di kantor saya yang memiliki dua kartu jaringan. Satu untuk intranet lokal dan yang kedua untuk berhubungan dengan modem adsl ke internet.

Di dalam jaringan kami juga memiliki proxy server untuk menghubungkan pengguna ke Internet. Semua koneksi ke Internet melalui server proxy ini, termasuk saya. Dan kabar buruk dari konfigurasi ini adalah server proxy memiliki batasan akses.

Saya sudah mendaftarkan domain ryht.is-a-geek.org melalui DynDNS yang tidak dapat akses dari Intranet. Setiap kali membuka halaman web tersebut pasti akan masuk ke halaman manajemen modem adsl. Jadi saya harus melakukan beberapa trik di desktop saya.

Pertama-tama, saya menetapkan browser saya agar tidak menggunakan server proxy saat terhubung ke domain saya. Kalau tidak, bila membuka web akan terhubung ke administrasi modem melalui server proxy.

Selanjutnya, kita harus mengatur pemetaan hosts pada desktop dan menambahkan alamat ip webserver di intranet, berarti kartu jaringan pertama, di dalamnya. Anda dapat menggunakan referensi ini untuk mengatur file. Jika hal itu sulit bagi Anda, ada suatu alat untuk melakukannya dengan cepat di Windows, HostsXpert dari funkytoad.com. Jika anda menggunakan Linux atau turunan Unix lain, edit saja berkas ‘/etc/hosts’.

Format :

alamat.ip nama.domain # format
192.168.1.2 ryht.is-a-geek.org # contoh

Dan coba konfigurasi anda melalui perambah web. Selamat menikmati.

English : http://ryht.is-a-geek.org/blog/?p=3

Kategori: /tips-n-trick

Tag: , , , ,

Leave a Reply