Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Slackware 13.0 – Pemaketan CD/DVD Instalasi

Review pertama saya untuk distro terfavorit saya.

Dari segi pemaketan instalasi tidak banyak yang berubah. Dalam paket DVD, Anda bisa mendapatkan semua yang Anda perlukan untuk membangun sistem berikut kode sumber masing-masing slackware dan script untuk membangun paket tersebut. Hanya butuh 1 (satu) DVD untuk sebuah sistem lengkap.

Bila Anda merasa DVD tidak sesuai untuk sistem Anda, seperti saya juga, tersedia pula paket CD. Pada paket CD susunan masih seperti versi sebelumnya berupa 6 CD, 3 CD Instalasi dan 3 CD kode sumber + paket tambahan, terkecuali untuk kode sumber “l/” berada pada CD #2. Mengapa saya lebih suka paket CD? karena saya hanya membutuhkan CD #1 dan #2 saja untuk instalasi sistem saya.

Dari segi pemaketan aplikasi, terdapat perbedaan pada versi ini dimana versi sebelumnya menggunakan gzip dalam kompresi paket. Pada versi yang baru ini menggunakan kompresi dengan xz, kompresi yang katanya memiliki performa 3 kali lipat namun tak lebih lambat dari bzip2. Untuk apa? Penghematan tempat tentunya.

Selain itu, seperti pada tulisan saya sebelumnya, pada rilis ini dimasukkan pula dukungan resmi terhadap arsitektur 64bit dengan Slackware64. Mengapa? Produk baru yang bermunculan saat ini sebagian besar telah mendukung 64bit dan tiap pengguna bukanlah seorang peng-oprek.

Lalu, apa lagi yang harus dibahas? Sepertinya saya akan mencoba untuk melakukan instalasi terlebih dahulu…

Kategori: /artikel

Tag: , , ,

Leave a Reply