Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Aplikasi Ter-desentralisasi dengan Perangkat Lunak Merdeka/Terbuka, Gunakan CVS

Saat ini merupakan kesulitan terbesar bagi saya. Pola pikir saya untuk selalu menggunakan perangkat lunak merdeka/terbuka membuat saya harus melakukan eksplorasi dalam pengembangan di dalam sistem tertutup.

Aplikasi yang telah dibangun oleh rekan saya merupakan aplikasi yang ditempatkan di tiap-tiap kantor wilayah di instansi kami. Kesulitan yang dihadapi adalah ketika aplikasi yang dikembangkan di kantor wilayah kami sebagai pilot project dan sebagai basis pengembang itu telah menambal kekurangan tidak serta merta merubah sistem di kantor wilayah lain.

Lalu bagaimana bila saya merupakan sang pemegang keputusan dalam proyek ini? Saya akan menggunakan CVS. Bila Anda tertarik, silakan baca manual-nya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, hal di atas bisa teratasi. Karena dengan melakukan prosedur untuk pembaharuan secara periodik, misalkan setiap pukul 5 pagi pada hari kerja, langsung kepada server pengembangan akan lebih mudah. Bisa dilakukan secara otomatis, dengan beberapa konfigurasi pada router/firewall untuk pembatasan akses dan cron tentunya.

Namun dengan perpindahan server ke sistem operasi tertutup membuat saya tidak dapat memberikan saran ini. Saya masih harus ber-eksplorasi di mesin tempat saya bekerja di kantor yang juga tertutup. Untuk mengunduh aplikasi siap pakai dalam sistem operasi windows (binary) silakan menuju server gnu.

Pengalaman apa sehingga saya menyarankan penggunaan aplikasi ini? Saya baru saja membaca manual untuk upgrade FreeBSD dari kode sumber yang mengharuskan saya untuk berkenalan dengannya. Sebuah pengenalan akan basis sistem operasi yang solid dan selalu mengembangkan diri dengan mencari ide berdasarkan sistem lain tanpa perlu mencari mengambah seluruh penjuru internet.

Kategori: /artikel

Tag: , , , , ,

Leave a Reply