Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Aplikasi Instansi Pemerintah Berbasis Open Source?

Dalam beberapa bulan terakhir memang saya sibuk melakukan sesuatu yang diluar pekerjaan rutin saya, sebuah pengembangan aplikasi pembantu pekerjaan. Pengembangan ini diluar dari pengembangan sistem inti dari instansi tempat saya bekerja, namun saat ini aplikasi ini telah mulai diaplikasikan di setiap kantor wilayah di bawah instansi tempat saya bekerja.

Pengembangan aplikasi ini menggunakan pola pengembangan aplikasi berbasis open source dimana pengembang inti dari aplikasi ini adalah pemilik domain agul.net. Posisi saya adalah membantu optimalisasi sistem yang digunakan, mulai dari konfigurasi apache, php maupun mysql serta sistem operasi yang digunakan.

Pada awalnya aplikasi ini dikembangkan di sistem operasi yang selama ini saya pelajari, Linux, dengan basis distro Ubuntu. Namun karena kerusakan dari segi perangkat keras, terpaksa server digantikan oleh perangkat yang lebih baru yang menggunakan sistem operasi standar dari instansi.

Menasionalisasikan aplikasi ini membuat pengembang merubah pola pikir awal dan idealisme akan pemanfaatan dan pengaplikasiannya. Banyak hal telah mempengaruhi pengembangannya terutama atas pendistribusian aplikasi ini karena proses instalasi tidak melibatkan kami 100%. Aplikasi masih dikembangkan oleh pengembang namun didistribusikan oleh kantor pusat selaku pemegang hak penuh atas kuasa pemanfaatan teknologi informasi maupun sarana prasarana.

Dengan adanya campur tangan pihak lain yang lebih berhak, kami mengkonfigurasikan sesuai standar yang dibuat oleh mereka. Disesuaikan dengan sistem operasi, maka diputuskan penggunaan paket program XAMPP yang memenuhi standar minimal aplikasi ini dengan menyertakan berkas konfigurasi pada saat pendistribusian karena semua sistem dianggap sama sesuai dengan standar kantor pusat.

Ini adalah sebuah aplikasi yang berisi basis data profile wajib pajak. Aplikasi ini dibuat untuk membantu proses pengawasan dengan memanfaatkan data dari mana pun asalnya yang bisa membantu dalam mengoptimalkan penerimaan pajak. Pajak yang dimaksud di sini adalah Pajak Pusat.

Mungkin yang bisa saya simpulkan dari keikutsertaan saya dalam pengembangan aplikasi ini adalah idealisme bila tidak dibarengi dengan sebuah ketetapan akan membuat banyak perubahan didalam prosesnya. Karena saya sendiri sampai saat ini tidak bisa bekerja 100% dengan apa yang menjadi idealisme saya. Ketergantungan akan pihak lain akan merubah segalanya.

Sampai saat ini pun saya belum bisa secara optimal bekerja dalam pengembangan aplikasi ini karena benturan-benturan yang ada. Namun yang pasti, Open Source, aku akan tetap mendukungmu karena bersamamulah aku belajar.

Kategori: /ego

Tag: , , , , , , , ,

3 Responses

  1. […] Aplikasi yang telah dibangun oleh rekan saya merupakan aplikasi yang ditempatkan di tiap-tiap kantor wilayah di instansi kami. Kesulitan yang dihadapi adalah ketika aplikasi yang dikembangkan di kantor wilayah kami sebagai pilot project dan sebagai basis pengembang itu telah menambal kekurangan tidak serta merta merubah sistem di kantor wilayah lain. […]

  2. f.priambodo says:

    Mas, ada kalanya kita harus bersifat kompromistis. Kadang idealisme itu gak bisa dipaksakan secara frontal.
    Saya memilih untuk mundur selangkah sebagai ancang-ancang untuk melompat maju.

    • yht says:

      Ma’af pak, saya hanya anak buah…
      Hal yang bersifat kompromistis saya tidak ikut campur, hanya saran. Saya menunggu perintah komandan saja.

Leave a Reply