Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Slackware 13.0 di arsitektur 64bit & arm

Saat ini saya menunggu rilis dari distro yang sudah saya pakai sejak pertama kali saya mengenal sistem operasi GNU/Linux, Slackware. Yang katanya merupakan salah satu distro tertua yang masih exist dikancah dunia per-distro-an sistem operasi GNU/Linux.

Baru saja saya melihat bahwa mulai ada pergerakan akan dirilisnya versi distro ini. Ditandai dengan adanya penamaan versi pada paket-paket konfigurasi, contohnya : etc-12.34567890-noarch-xx.tgz menjadi etc-13.0-i486-1.tgz. Artinya, tidak akan terlalu lama lagi yang saya tunggu-tunggu akan diluncurkan. Untuk selengkapnya silakan baca pada log perubahan pengembangan distro ini.

Mengenai informasi secara umum yang bisa saya bagi adalah saat ini telah ada dukungan terhadap mesin berkekuatan 64bit yang secara resmi dari pengembang. Mengingat saat ini hampir semua mesin yang diluncurkan oleh produsen perangkat keras sudah mengusung teknologi ini sehingga penggunaan sumber daya mesin akan lebih optimal dengan menggunakan rilis terbaru nanti. Dan saya memang menunggu ini untuk penggunaan optimal mesin saya.

Selain itu, adanya fork atau anak distro dari Slackware, yaitu ArmedSlack, menambah dukungan terhadap mesin Arm. Ini juga menarik hati saya mengingat beberapa waktu lalu saya membeli sebuah Pocket-PC jadul yang katanya sudah tidak ada dukungan dari produsen lagi dan ingin sekali saya oprek.

Saat ini saya masih akan mengikuti jalannya pengembangan sambil belajar sesuatu yang bisa saya kembangkan nantinya di rilis baru distro ini nantinya. Untuk mengikuti pengembangan, silakan lihat di sini. Bila Anda ingin mengikuti berita terbaru mengenai distro ini, silahkan kunjungi halaman ofisial-nya.

Kategori: /etc/issue

Tag: , ,

2 Responses

  1. […] Setelah menunggu, akhirnya yang saya tunggu datang juga, distro yang saya tunggu. […]

  2. […] itu, seperti pada tulisan saya sebelumnya, pada rilis ini dimasukkan pula dukungan resmi terhadap arsitektur 64bit dengan Slackware64. […]

Leave a Reply