Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Politisi Geek dalam Teknologi Informasi

Menggunakan sarana-prasarana teknologi informasi memang mudah, terutama untuk bertukar informasi dan saling berhubungan tanpa adanya batas ruang dan waktu. Namun dibalik setiap kemudahan jangan sampai melupakan sisi keamanan dari teknologi yang digunakan.

Tanpa bermaksud merendahkan, melihat situs kampanye Mega-Prabowo yang berlatar belakang merah dan masih kosong itu, menimbulkan banyak pertanyaan dalam diri saya. Meskipun begitu saya salut, karena mereka menjadi yang pertama dalam penggunaan teknologi ini.

Saya akan membahas beberapa permasalahan yang berhubungan dengan teknologi informasi saja.

Saya akan mulai dari slogan yang berbunyi, “Berjuang untuk Jati Diri Bangsa Indonesia”. Hendaknya dengan slogan seperti itu, semua produk yang dipakai adalah produk Indonesia. Namun setelah saya teliti, server yang dipakai berada di luar negeri, tidak berada dalam wilayah Indonesia. Di netcraft, informasi mengenai server yang dipakai belum ada, namun dari informasi ip bisa didapat bahwa ip yang dipakai adalah 97.74.144.61 yang merupakan milik GoDaddy.com, Inc. Dan Anda bisa tahu dimana letak servernya dari nama penyedia jasanya bukan?

Yang kedua, adalah masalah latar belakang. Mungkin untuk latar belakang yang berwarna merah tidak menjadi masalah buat saya karena memang partai pengusung pasangan ini memiliki identitas warna merah. Namun sebuah penetapan lebar halaman akan membuat kacau bila resolusi yang dipakai tidak sesuai. Lagi pula dengan berkas logo dan latar dengan format PNG dan lumayan besar itu akan lumayan menghabiskan lebar jalur data pengakses.

Yang mungkin terakhir bagi saya adalah CMS yang akan dipakai. Meskipun belum jelas bahwa website ini akan menggunakan Joomla, namun bagi seorang yang iseng pasti akan langsung mengetahuinya. Mungkin saya perlu untuk menghubungi administrator untuk melakukan beberapa perubahan yang bisa berbahaya bila tidak segera dirubah.

Ini memang sudah merupakan trend untuk membuat domain sebagai identitas suatu partai atau gerakan. Namun sepertinya identitas yang dipakai tidak akan kekal, mengingat keadaan politik yang seperti saat ini. Mungkin domain ini hanya akan berjalan dalam 1 tahun saja. Siapa bertaruh lebih? :mrgreen:

Ini sepertinya sepele, namun bukankah ada perkataan, “Kepada yang setia padahal yang kecil, padanya akan diberikan perkara yang besar.” Semua berawal dari yang kecil.

Dan terakhir saya mohon ma’af bila ada yang tersinggung atas tulisan iseng saya ini.

Kategori: /artikel

Tag: , , ,

6 Responses

  1. edy says:

    apa itu emang situs resmi mereka?
    kalo iya, sayang sekali servernya ga di dalem negri…
    dan sebaiknya, kalo menurut saya, domain itu terus dipake
    bila mereka emang memenangi pilpres kali ini
    kan bisa jadi corong untuk denger suara masyarakat

    • yht says:

      😕 gak tau ya om, cuman ada gelagat dalam masa pembangunan. :mrgreen:
      soale di situ ada folder yg mengindikasikan adanya cms yg bakalan di install. :rock:

  2. suwung says:

    kayaknya yang mega prabowo blog ngangur
    sapa tau dibeli mega dan prabowo

  3. Tim suksesnya salah pilih web developer mungkin :mrgreen:
    ndaftar aja bung buat jadi web developer di situ, siapa tau diterima,hehe.
    Salam kenal ya 😀

    • yht says:

      Salam kenal… :rock:

      Salah pilih? Mungkin tidak, cuman web developernya rada ceroboh. 😈
      Daftar? Nggak ah, enakan begini. Saya kan bisanya cuman komentar. :mrgreen:

Leave a Reply