Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Nostalgia dengan Linux 0.01

Ini sebenarnya bukan proyek pribadi saya melainkan proyek dari seorang pengembang asal prancis, Abdel Benamrouche. Beliau ini mencoba untuk mempelajari cara kerja sebuah sistem operasi dan mencoba dari rilis kernel paling awal yang dilepas oleh Linus Torvalds, Linux 0.01.

Memang sebuah ide yang brilian, dengan mempelajari sesuatu dari awal akan mendapat inti dari ide yang dilepas oleh pengembang awal. Dan inilah kekuatan pengembangan dalam lisesnsi terbuka.

Dalam surat elektroniknya ke milis pengembang kernel linux, Abdel menjelaskan bahwa dia menambal kernel agar dapat dikompilasi di gcc generasi baru. Sehingga kompilasi dapat dilakukan pada distribusi linux dengan versi kernel terbaru sekalipun . Dan juga agar aplikasi-aplikasi baru dapat berjalan di atas kernel linux 0.01 hasil tambalannya tersebut.

Saya telah mengunduh hasil kerja beliau dan dalam proses mempelajarinya. Mungkin saya akan mencoba untuk melakukan hal yang sama untuk keperluan saya sendiri.

Bila Anda ingin mempelajari apa yang telah dikerjakan, silakan ke halaman pribadinya, pada bagian os-dev. Mengenai apa yang telah dia lakukan silakan baca pada catatan tambalan.

Selamat belajar inti sistem operasi…

Kategori: /home/yht

Tag: , , ,

2 Responses

  1. edy says:

    idenya sederhana tp patut ditiru 😀

Leave a Reply