Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Server Salinan Slackware via Rsync

Sudah lama saya tidak melakukan pembaharuan pada distro utama saya, slackware. Kemarin saya memiliki ide untuk membuat salinan slackware-current di server saya sendiri agar saya bisa mengetahui tiap perubahan yang ada.

Peralatan yang saya gunakan adalah rsync, sebuah aplikasi kode terbuka untuk tujuan transfer berkas yang cepat berubah. Saya mengambil berkas slackware-current dari server kambing.ui.edu dan meninggalkan server sampai selesai melakukan pengunduhan. Berikut perintah yang dijalankan :

# rsync -avz –stats –force –delete rsync://kambing.ui.edu/slackware/slackware-current/ /var/www/htdocs/slackware/


Pagi ini saya melihat semua telah selesai dan siap digunakan. Namun setelah saya melihat perubahan pada slackware-current ini, saya menemukan bahwa unduhan saya tidak sesuai lagi dan mengulangi proses dengan perintah diatas yang ternyata masih sama. Mungkin siklus sinkronisasi di server kambing.ui.edu di set 24 jam karena meliputi banyak distro dan lain – lain yang tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Karena perubahan yang tidak sesuai harapan, saya memutuskan untuk berpindah ke server lain. Saya memutuskan untuk menggunakan slackware.at.

Saya telah mencoba menggunakan slackware.linux.or.id sesuai panduan Rsync_Slackware-current setelah menemukan panduan dari ozzie. Namun yang terjadi malah banyak menghapus berkas yang telah terunduh. Saya mengundurkan diri dari server ini karena siklus perubahan tidak terlalu cepat dan memutuskan kembali ke slackware.at.

Dan akhirnya, mari menggunakan dan mengoprek kembali distro lelaki sejati. 😆

NB : Bila Anda serius ingin menjadi server salinan slackware, baca http://www.slackware.com/getslack/mirroring_guidelines.txt untuk keterangan lebih lanjut.

Kategori: /usr/local/bin

Tag: , ,

9 Responses

  1. suwung says:

    kapan gapteku ilang ya? biar paham

  2. feto says:

    artiikelnya menarik mas tapi saya masih mencoba untuk memahaminya…soalnya saya newbie dalam menggunakan linux…^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau artikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa…

    • yht says:

      hehe… saya juga masih newbie… masih banyak yg masih perlu dipelajari…
      makasih ada admin sebuah universitas mau mampir kemari…

  3. […] Saya akan membuat cermin bagi distribusi tersier saya, Ubuntu. Sedangkan untuk distribusi primer, saya sudah memiliki cara sendiri. Setelah ini selesai mungkin giliran distribusi sekunder saya. Memang terbalik, tapi begitulah […]

Leave a Reply