Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Politisi Geek dalam Teknologi Informasi

Menggunakan sarana-prasarana teknologi informasi memang mudah, terutama untuk bertukar informasi dan saling berhubungan tanpa adanya batas ruang dan waktu. Namun dibalik setiap kemudahan jangan sampai melupakan sisi keamanan dari teknologi yang digunakan.

Tanpa bermaksud merendahkan, melihat situs kampanye Mega-Prabowo yang berlatar belakang merah dan masih kosong itu, menimbulkan banyak pertanyaan dalam diri saya. Meskipun begitu saya salut, karena mereka menjadi yang pertama dalam penggunaan teknologi ini.

Saya akan membahas beberapa permasalahan yang berhubungan dengan teknologi informasi saja.

Saya akan mulai dari slogan yang berbunyi, “Berjuang untuk Jati Diri Bangsa Indonesia”. Hendaknya dengan slogan seperti itu, semua produk yang dipakai adalah produk Indonesia. Namun setelah saya teliti, server yang dipakai berada di luar negeri, tidak berada dalam wilayah Indonesia. Di netcraft, informasi mengenai server yang dipakai belum ada, namun dari informasi ip bisa didapat bahwa ip yang dipakai adalah 97.74.144.61 yang merupakan milik GoDaddy.com, Inc. Dan Anda bisa tahu dimana letak servernya dari nama penyedia jasanya bukan?
Selengkapnya… »

Nostalgia dengan Linux 0.01

Ini sebenarnya bukan proyek pribadi saya melainkan proyek dari seorang pengembang asal prancis, Abdel Benamrouche. Beliau ini mencoba untuk mempelajari cara kerja sebuah sistem operasi dan mencoba dari rilis kernel paling awal yang dilepas oleh Linus Torvalds, Linux 0.01.

Memang sebuah ide yang brilian, dengan mempelajari sesuatu dari awal akan mendapat inti dari ide yang dilepas oleh pengembang awal. Dan inilah kekuatan pengembangan dalam lisesnsi terbuka.

Dalam surat elektroniknya ke milis pengembang kernel linux, Abdel menjelaskan bahwa dia menambal kernel agar dapat dikompilasi di gcc generasi baru. Sehingga kompilasi dapat dilakukan pada distribusi linux dengan versi kernel terbaru sekalipun . Dan juga agar aplikasi-aplikasi baru dapat berjalan di atas kernel linux 0.01 hasil tambalannya tersebut.
Selengkapnya… »

OpenCola Minuman Resep Terbuka

Membaca google-reader pagi ini – saya tertarik dengan sebuah berita mengenai Membuat Cola dengan Formula Opencola dari Junauza.

Bukan karena saya suka cola dan semacamnya, namun saya baru mengetahui bahwa bukan hanya aplikasi/program komputer dan dokumen saja yang memiliki lisensi bebas/merdeka/terbuka namun juga industri makanan. Ini sebuah terobosan baru dalam industri makanan. Semoga saja tujuan dalam pembebasan resep ini tercapai.

Ternyata, OpenCola pada awalnya dirancang sebagai alat promosi untuk menjelaskan bebas dan aplikasi kode terbuka. Namun, minuman yang dibuat sendiri ini memiliki nama setelah dijual 150, 000 kaleng. Namun perusahaan minuman ringan di memproduksi OpenCola telah lama hilang, hanya resep yang ditinggalkan. Untuk mereka yang tertarik atau kepada mereka yang bersedia untuk membuat mereka sendiri cola menggunakan rumus OpenCola tetap dipersilakan.

Formulanya adalah sebagai berikut :
Selengkapnya… »

SlackBuilds Kernel Slackware 11

Untuk menambal kangen di hati saya dengan distribusi utama saya dan juga kernel linux 2.4.x, saya membuat script slackbuilds untuk membangun kernel pada Slackware 11.

Script dapat diunduh di http://berkas.yht.web.id/slackbuilds.

Script ini telah dicoba di Slackware 11 dengan kernel 2.4.37 dengan lancar, bila ada masalah silakan komentar atau hubungi saya via jalur pribadi.

Server Salinan Slackware via Rsync

Sudah lama saya tidak melakukan pembaharuan pada distro utama saya, slackware. Kemarin saya memiliki ide untuk membuat salinan slackware-current di server saya sendiri agar saya bisa mengetahui tiap perubahan yang ada.

Peralatan yang saya gunakan adalah rsync, sebuah aplikasi kode terbuka untuk tujuan transfer berkas yang cepat berubah. Saya mengambil berkas slackware-current dari server kambing.ui.edu dan meninggalkan server sampai selesai melakukan pengunduhan. Berikut perintah yang dijalankan :

# rsync -avz –stats –force –delete rsync://kambing.ui.edu/slackware/slackware-current/ /var/www/htdocs/slackware/

Selengkapnya… »

Rilis : FreeBSD 7.2

Setelah rilis NetBSD 5.0 dan rilis OpenBSD 4.5, ternyata pengembang FreeBSD yang mengklaim sebagai turunan UnixBSD dengan instalasi lebih mudah ini tak mau kalah. Dari google reader saya mendapat berita bahwa kurang dari 2 (dua) jam yang lalu pengembang mengumumkan rilisnya FreeBSD 7.2.

Beberapa fitur pengembangan baru :

  • dukungan sepenuhnya transparan penggunaan superpages memori untuk aplikasi
  • dukungan untuk beberapa alamat IPv4 dan IPv6 untuk jails
  • csup (1) telah mendukung CVSMode untuk mendapatkan repositori CVS lengkap
  • Gnome diperbarui ke versi 2,26, KDE diperbarui ke 4.2.2
  • mendukung prosesor ultrasparc-III untuk port sparc64

Untuk daftar lengkap fitur-fitur baru dan masalah yang telah diketahui, silakan lihat catatan rilis online dan daftar errata.

Anda ingin memperbaharui koleksi Anda? Kalau saya masih setia dengan FreeBSD 7.0 yang saya pakai sebagai proxy server di kantor saya.

Arsip