Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

OpenSource Dalam Bisnis Komunitas

Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai penggunaan opensource dalam dunia komunitas. Tidak seperti tulisan saya yang terdahulu mengenai penggunaan Javascript dalam dunia pemrograman yang meningkatkan interaktifitas, saat ini saya akan membahas penggunaan aplikasi dan sistem berbasi kode terbuka dalam bisnis web tentang komunitas dalam hal ini pertemanan, facebook.

Mengapa saya memilih facebook sebagai contoh? Karena mereka adalah satu-satunya web pertemanan yang saya ketahui concern menggunakan dan mendukung dunia kode terbuka. Anda mau bukti? Berikut saya akan mencoba menjelaskan mengapa saya bisa memberikan kesimpulan tersebut.

Pertama saya akan memberikan sebuah tautan ke server subdomain facebook yang merupakan server cermin dari aplikasi kode terbuka. Dari situ kita bisa melihat apa saja aplikasi dan pustaka yang digunakan oleh pengembang web dalam perusahaan yang membangunnya. Anda bisa menuju http://mirror.facebook.net/. Dari tautan tersebut saya akan mencoba membahas satu per satu.

Pertama mengenai sistem operasi yang digunakan. Server facebook menggunakan linux sebagai kernel sistem operasi dan memilih CentOS sebagai distribusi yang digunakan. CentOS sendiri dikembangkan bersumberkan pada RHEL (Red Hat Enterprises Linux). Dan tidak dipungkiri Linux adalah kernel sistem operasi yang berkembang pesat pada dunia kode terbuka dengan dukungan komunitas yang besar.

Kedua mengenai pengembangan web. Aplikasi yang digunakan merupakan aplikasi yang digunakan secara umum di dunia kode terbuka, Apache; MySQL dan PHP. Ketiga aplikasi ini sudah terkenal dalam kalangan pengembang kode terbuka dan memiliki banyak literatur. Saya pun masih mempelajari penggunaan ketiganya secara optimal.

Sedangkan dalam hal teknis masih ada beberapa aplikasi yang digunakan untukmendukung interaktifitas web. Seperti flvtool++, hive, phpembed, Thrift, dan XHProf.

Saya belum menemukan referensi sistem yang digunakan oleh facebook dalam dokumentasi di halaman pengembang, yang ada hanyalah pengembangan aplikasi dengan menggunakan API. Bila Anda mengetahuinya mari kita berbagi.

Dari penggunaan di atas ada sesuatu yang akan saya bicarakan. Pada sisi pengembangan ada satu keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, yaitu memiliki massa yang mempunyai berbagai latar belakang profesi dan kemampuan dan seandainya ada sesuatu hal yang mendesak mereka bisa saja merekrut salah satu dari penggunanya. Disamping itu aplikasi yang digunakan berkode terbuka, setiap pengguna bisa berkontribusi dalam pengembangan web. Dan jangan lupa, dengan semakin banyaknya pengguna yang mendaftar mereka memiliki basis data besar penduduk dunia yang bisa dimanfaatkan untuk apa saja.

Dan jangan lupa dengan penghasilan. Menurut wikipedia, penghasilan mereka pada tahun 2008 diestimasi sebesar 300 juta dolar padahal mereka hanya memberikan jasa iklan dan pemasaran referensial. Namun hasilnya penerimaan yang tidak sedikit.

Bagaimana? Apa Anda tertarik dengan bisnis semacam ini?

Kategori: /artikel

Tag: ,

Leave a Reply