Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Class : Koneksi Basis Data MySQL

Untuk memenuhi tenggang waktu yang ditentukan oleh yang meminta bantuan kepada saya, saya memerlukan sebuah referensi pemrograman, baik itu bentuk jadi maupun berbentuk teks bacaan.

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan sebuah class php, dan saya sudah mencoba untuk menggunakannya. Script ini dibuat pada April 2005 oleh Micah Carrick dan beliau telah mendistribusikan idenya dalam artikel PHP MySQL Database Class. Untuk lebih jelasnya silakan unduh script tersebut. Versi terakhir yang ada adalah versi 1.0.4 yang dirilis tanggal 7 Juni 2005.

Dalam paket zip yang ada sudah termasuk contoh penggunaan.

Micah Carrick sendiri mendeskripsikan buah karyanya tersebut untuk menyederhanakan tugas-tugas koneksi basis data untuk mengurangi penulisan kode berulang juga untuk men-debug kesalahan dalam perintah sql maupun basis data dalam pengembangan sebuah aplikasi berbasis web. Dan menurut saya penggunaannya memang tergolong mudah.

Dari hasil keluaran permintaan data, sepertinya Micah Carrick membuat kemiripan dengan css tabel hasil keluaran phpMyAdmin.

Berikut saya mencoba untuk membuat koneksi dan menampilkan hasil permintaan.

< ?php require_once('db.class.php'); // membuka dan menggunakan berkas 'db.class.php' $db = new db_class; // membuat class baru dengan nama variabel $db if(!$db->connect(‘namahost_atau_ip’,’pengguna’,’katakunci’,’namabasisdatadipakai’))
$db->print_last_error(false); // melakukan koneksi dan menampilkan pesan kesalahan

$db->dump_query(‘select * from users’); // menampilkan data dalam tabel ‘users’
?>

Mudah bukan? Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba sendiri dengan mengunduh berkas paket dan mempelajari dari contoh yang disertakan.

Kategori: /php

Tag: , , ,

2 Responses

  1. Saya tertarik dengan tulisan Anda. Saya juga mempunyai informasi mengenai basis data Oracle dan pendaftaran kursus Oracle yang bisa Anda kunjungi di http://lpug.gunadarma.ac.id/sertifikasi/owdp/eng/welcome

    • yht says:

      Ya, untuk enterprise memang database oracle lebih ‘baik’. Tapi untuk proyek-proyek pribadi, saya lebih menikmati ilmu yang didapat ketika menerapkan perangkat lunak merdeka.

Leave a Reply