Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Impor Data Dengan Menggunakan Toad

Ini adalah pesanan dari teman saya. Dia meminta tolong pada saya untuk mendokumentasikan bagaimana cara memasukkan (impor) data ke dalam basis data karena ada sebuah program dalam instansi kami yang bermasalah.

Basis data instansi saya menggunakan oracle. Sejak awal ada sebuah program yang bercokol pada server yang selalu digunakan dalam pengecekan maupun penyelesaian masalah oleh admin dari kantor pusat, Toad. Awalnya saya tidak mengerti kegunaannya, namun kini saya sangat berterima kasih kepada siapapun yang memasangnya karena saya bisa ber-explorasi dalam dunia SQL/Oracle di dalamnya yang membantu pekerjaan saya dalam pengerjaan laporan khususnya.

Saya tidak akan terlalu banyak berbasa-basi.

Seperti pada aplikasi administrasi database yang lain, yang pertama di lakukan adalah melakukan data pengguna ke dalam kotak login. Setelah masuk, Anda bisa berganti skema dengan masuk ke menu Database > Schema Browser. Setelah berpindah skema, Anda bisa membuat tabel baru di dalamnya dengan masuk ke menu Database > Create > Table.

Berikut Saya memiliki snap-shot contoh pembuatan tabel :

Selanjutnya, kita akan memasukkan data yang telah kita siapkan sebelumnya. Dan berikut data yang saya siapkan dalam bentuk txt :

000000001;Direktur Utama;Sekretariat
000000002;Sekretaris;Sekretariat
010000000;Kabag Rumah Tangga;Umum
010000001;Bendahara;Umum

Menu untuk impor data adalah Database > Import > Import Data Table. Di sana ada variabel Skema, Tipe Objek (dalam hal ini tabel), dan Nama Objek yang di isi sesuai dengan kebutuhan. Lalu klik tombol View Data dan data asli akan muncul.

Kita mulai saja proses impor. Impor data dimulai dengan meng-klik tombol Execute Wizard. Ada beberapa pilihan asal data, diantaranya format txt (delimited), excel (*.xls), access (*.mdb) maupun dari clipboard. Saya hanya akan menjelaskan impor data dari txt (delimited), termasuk csv, silakan bereksplorasi dengan pilihan lainnya. Tekan Next untuk menuju pilihan selanjutnya.

Untuk selanjutnya, pilihan ‘Import from file‘ diisi dengan letak dan nama berkas yang akan di impor, kemudian klik Next. Pada bagian text setting, kita pilih delimited dan menggunakan semicolon atau tanda ‘;’ sebagai pemisah antar kolom, lalu klik Next.

Sampai di File preview, kita mendapatkan isi dari berkas yang akan kita impor. Di sini karena isi berkas sudah sesuai urutan kolom dalam tabel, saya hanya tinggal menekan Automap untuk menyesuaikan data dengan tabel. Setelah menekan Next, Anda akan mendapatkan model Mappings atau penempatan data. Silakan sesuaikan dengan data yang ada. Berikut contoh :

Setelah menekan Next, Anda bisa melihat hasilnya. Bila masih belum sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengulangi dengan menekan Back. Dan terakhir pada bagian Summary, Anda bisa langsung menekan Execute untuk meng-impor data. Setelah proses selesai, Anda akan mendapat rangkuman hasil impor.

Demikian penjelasan dari saya. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Kategori: /oracle

Tag: ,

10 Responses

  1. myoza says:

    Saat ini saya sedang bekerja dengan menggunakan TOAD for Oracle. Untuk import data juga selalu saya lakukan seperti cara yg dijelaskan di atas. Tapi bagaimana caranya jika ingin mengupdate data tersebut bukan insert? Adakah caranya? Tolong pencerahannya.

    Terima kasih

    salam,
    myoza

    • yht says:

      Anda hanya bekerja dalam database? Anda tidak punya aplikasi untuk mengolah dan sebagai manajemen data?
      Kalau sudah ada, ada baiknya semua kita serahkan pada operasi standar aplikasi yang ada.

      Saya lebih suka untuk menggunakan perintah sql dalam hal pengolahan data dalam database, termasuk update data. Coba pelajari lebih dalam perintah update di sql oracle untuk lebih lengkapnya. Saya sendiri jarang menggunakan TOAD karena dasar database saya adalah mysql.

      Postingan ini hanya jawaban dari salah satu rekan kerja saya. Terima kasih telah sudi mampir, myoza.

  2. isfana says:

    perintah update memang bisa dilakukan memakai script. Tapi ada problem yang saya alami apabila update untuk ratusan ribu record. Apakah bisa menggunakan toad?
    mungkinkah YHT ada beberapa referensi yang bisa untuk memecahkan problem saya..
    terima kasih

    • yht says:

      Untuk update data dalam jumlah besar ada bermacam cara.

      Cara pertama yang paling mudah bisa saja dengan delete yang perlu/diubah dan insert data baru. Yang kedua dengan menetapkan kunci unique pada struktur tabel yang akan di update. Sehingga bila ada data yang masuk yang memiliki data yang sama dengan salah satu kunci unique tersebut akan diabaikan oleh basis data (mental). Atau bila ingin lebih rumit lagi bisa juga dengan triggers.

      Semoga bisa membantu.

  3. aaassa says:

    wah mesti data SISMIOP iki..

  4. riadi says:

    mohon dibantu cara import data by excel dengan isi file 4000 row (baris)

  5. Ryan says:

    mohon bantuannya cara import data dengan field 10000, awalnya sukses.
    tapi ternyata field tidak masuk semua
    thanks

Leave a Reply