Blog.YHT.Web.ID

Icon

Bosan adalah awal dari penciptaan perubahan.

Kohana PHP : Perkenalan

KohanaPHP adalah sebuah Perangkat lunak kerangka (FrameWork), yaitu perangkat lunak yang berupa sekumpulan kode yang memiliki suatu fungsi umum dan memudahkan pengembang perangkat lunak untuk membangun suatu proyek. Bukan tentang malas atau rajin, keberadaan perangkat lunak ini memberikan suatu fungsi dan batasan yang membuat pengembang menjadi lebih terfokus pada pengembangan detail proyek. Pengembang perangkat lunak ini juga membuat suatu standar khusus terhadap struktur. Ini adalah suatu kemudahan bagi pengembang/pengguna akhir yang ingin mengembangkan suatu aplikasi berdasarkan kerangka standar.

Arah pemrograman saya, dari minat awal saya terjun ke dunia pemrograman, adalah pemrograman web dengan menggunakan perangkat lunak kode terbuka dengan menggunakan LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP). Untuk kemudahan saya, saya juga mencari aplikasi FrameWork yang bisa menunjang penyelesaian proyek yang saya mulai.

Perkenalan saya dengan KohanaPHP, secara tidak sengaja saat saya melihat open recruitment di AllNetWork.Org, sebuah komunitas penyedia jasa layanan irc di Indonesia. Saya mendaftarkan diri karena teman saya ini menyarankan saya untuk bergabung dengan memberikan referensi. Namun sampai dengan saat ini belum ada kepastian dari pihak comitte. 😆

Namun dari perkenalan itu saya mulai kesengsem dengan perangkat lunak ini dan mulai membuat suatu perubahan pada aplikasi yang saya buat untuk dipergunakan di instansi saya. Bila dulunya saya harus membuat modul pemrograman hingga mendetail sekarang hal itu sudah saya serahkan pada aplikasi ini. Yah, suatu kemudahan layaknya programer VB dan VC# yang menggunakan .Net FrameWork. * sengaja tidak di link :mrgreen: *

Saat ini saya masih ber-eksplorasi dengan komputer jinjing yang dititipkan oleh instansi saya untuk menunjang kerja saya. Mudah-mudahan saya bisa berbagi cerita mengenai pengembangan dengan menggunakan aplikasi ini.

Kategori: /php

Tag: , ,

9 Responses

  1. ChatterIdiot says:

    Broo gw baru tau framework bahasa indonya jadi Perangkat lunak kerangka kekekeke.
    Aneh tenan .. mudah2an Joystick nanti gak jadi tongkat kenikmatkan ya bro kayak malingsia bilang 😛

    • yht says:

      aku juga bingung awalnya, lha wong nyoba ngartiin pake google translate jadinya begitu. mudah-mudahan ada versi resmi dari lembaga bahasa. 😆

      joy stick = tongkat mainan? :mrgreen:

  2. […] artikel saya terdahulu mengenai perkenalan saya dengan KohanaPHP, saya ingin berbagi mengenai konfigurasi dan model […]

  3. semutz says:

    hahahha .. sungkan aq cak .. sepurane yah …
    aq yo gi sinau sisan .. lek wes ngerti aq nyuwun ajari ..
    bingung aq
    hahahha

  4. Himawan says:

    wah kren baget kalo bisa nuasain yang namanya kohana atau apa sajalah yang berbau fasilitas frame work,,,,pengen coba neh…
    mas kalo mau nampilins sesuatu pake kohana ini,,sama gk halnya dengan nampilin sesuatu pake codeigniter,,,
    gk ngerti juga sich,,he

    • yht says:

      Kohana itu dibangun dari CI.
      Ada perubahan sech, tapi gak terlalu jauh. Yang mencolok mungkin susunan foldernya.
      Saya belum pernah coba membangun sesuatu dengan CI, saya juga lagi belajar..

  5. feto says:

    nice posting and sharing gan…^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau artikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa…

Leave a Reply